Thursday, March 3, 2016

Ada jaringan apa di dalam tumbuhan ?

a. Jaringan pengankut
Jaringan yang paling utama pada tumbuhan yaitu jaringan pengangkut. Tetapi ada tumbuhan yang tidak memiliki jaringan pengangkut yaitu lumut. Ada dua jaringan pengangkut pada tumbuhan yang dinamakan xylem dan floem. Xylem atau nama lainnya pembuluh kayu mempunyai peran dalam mengangkut air serta mineral dari tanah sampai ke daun. Pembulu tapis atau floem mempunyai peran untuk mengirimkan hasil dari fotosintesis ke selruh bagian tanaman termasuk bagian akar.

b. Jaringan lainnya
Pada umumnya jaringan tumbuhan terdiri dari epidermis dan endodermis. Korteks dikelilingi oleh epidermis tumbuhan dan bagian yang paling dalam dinamakan endodermis. Sedangkan korteks terdiri atas parenkim dan kolenkim. Sedangkan bagian jaringan yang selalu mengalami perteumbuhan disebut meristem.

Ada organ apa saja pada tumbuhan ?

Organ tumbuhan pada umumnya terdiri atas bunga, buah, biji, daun, batang dan akar. Bentuk dari masing-masing organ pada tumbuhan berbeda-beda sesuai dengan jenis tumbuhan yang bersangkutan. Misalnya biji ada dua jenis, dikotil dan monokotil. Ketika dilihat lebih jauh terhada tumbuhan dikotil dan monokotil akan terlihat perbedaan pada bunga, daun, batang dan akar. Pada setiap organ yang dimiliki tumbuhan mempunyai fungsi yang khas dan spesifik.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain