Tuesday, March 1, 2016

Pengaruh globalisasi terhadap budaya nasional

Dengan adanya globalisasi menimbulkan banyaknya budaya asing masuk ke negara kita. Budaya-budaya asing itu masuk melalui saluran informasi dan komunikasi yang semakin modern. Internet, radio, televisi dan saluran informasi lainnya sangat memudahkan setiap penduduk Indonesia untuk mempelajari budaya asing. Tidak semua budaya yang datang dari luar bersifat positif, ada sebagian sangat negatif bagi budaya kita. Hal itu jika dibiarkan akan mengurangi atau mengikis jati diri bangsa yang sudah lama dipertahankan.
Ada beberapa budaya yang bersifat negatif, contohnya sebagai berikut :
a. Hedonisme, adalah suatu faham yang menyatakan bahwa kenikmatan dunia dijadikan sebagai tujuan hidup seseorang.
b. Sekularisme, adalah keinginan untuk memisahkan antara kehidupan dunia dengan agama
c. Materalisme, adalah faham yang hanya mempercayai adanya materi atau di dunia hanya ada materi (dunia fisik)
d. Individualisme, adalah keinginan untuk mengutamakan diri sendiri tanpa harus hidup secara sosial.
Pada saat ini globalisasi sudah merasuk ke segalah bidang kehidupan. Tidak semua penduduk menerima adanya globalisasi dengan tangan terbuka.  Ada reaksi yang tidak sama dari masyarakat dalam menerima globalisasi. Ada ketidaksiapan dari beberapa golongan masyarakat dalam menerima globalisasi sehingga menciptakan perubahan-perubahan budaya yang mungkin saja negatif. Contoh dampak ketidaksiapan dalam menerima globalisasi adalah sebagai berikut :
1. Culture shock atau gegar budaya
Yaitu perasaan yang tidak nyaman dalam bentuk kecamasan dan kehilangan arah dalam menghadapi situasi dan kondisi kebudayaan yang berubah dan berbeda dari sebelumnya. Misalnya seseorang yang terbiasa makan nasi kemudian harus ke luar negeri dan terpaksa makan gandum akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam tubuh dan psikologinya  sehingga membutuhkan waktu untuk penyesuaian.  
2. Culture lag atau kesenjangan budaya
Yaitu terjadinya ketertinggalan budaya atau kesenjangan budaya antara wilayah satu dengan lainnya. Contohnya : kemajuan teknologi komputer tidak akan terlalu berguna jika tidak diikuti oleh peningkatan kualitas sumber daya manusia.   

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain