Thursday, March 3, 2016

Pentingnya usaha pertanian berkelanjutan

Untuk mencegah akibat negatif dari semakin majunya teknologi pertanian maka perlu untuk mengembangkan praktek budi daya pertanian yang berkelanjutan. Seorang ahli yang bernama Dr. Peter Goering menyebut ada beberapa akibat yang baik atau positif jika suatu negara menerapkan sistem pertanian berkelanjutan, yaitu :
a. Tujuan pembangunan pertanian tidak hanya terfokus pada peningkatan produksi pertanian yang sebanyak-banyaknya, tetapi juga tetap dilaksanakan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan perlindungan terhadap sumber daya alam.
b. Kesadaran dari konsumen yang meningkat terhadap produk organik. Konsumen lebih memilih produk yang bebas dari bahan kimia karena lebih sehat dan higienis. Peningkatan permintaan produk organik tersebut mengharuskan petani untuk meningkatkan produksi yang bebas dari bahan kimia yang berupa pupuk maupun pestisida.
c.  Dengan konsumsi produk organik yang tinggi membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih sehat. Masyarakat bisa makan dan minum produk organik yang bergizi dan bebas kimia. Dengean taraf kesehatan yang meningkat maka harapan hidup juga tinggi, selain itu juga meningkatkan produktivitas nasional.
d. Untuk lebih lanjut, petani akan benar-benar meninggalkan penggunaan pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya. Sehingga tujuan pertanian berkelanjutan bisa tercapai dengan baik.


Tujuan utama dari pertanian berkelanjutan adalah menaikkan mutu kehidupan manusia atau equality of life. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, seorang ahli yang bernama Manguiat mengatakan bahwa diperlukan pembangunan ekonomi yang mempunyai prioritas produksi pangan yang berkecukupan, kemudian perlu peningkatan SDM dan yang terakhir adanya perlindungan terhadap kelestarian lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain