Thursday, March 3, 2016

Budaya Tradisional

Pengertian Budaya Tradisional yaitu budaya yang dibentuk oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia yang mempunyai ciri khas masing-masing karena adanya pengaruh kebiasaan, sejarah dan adat istiadat.  Secara keseluruhan jumlah suku bangsa di Indonesia berjumlah sekitar 1.200 suku bangsa yang mendiami seluruh penjuruh nusantara. Dengan fakta tersebut memberikan gambaran potensi yang sangat besar terhadap kekayaan budaya tradisonal Indonesia.
Adanya budaya tradisional bisa dilihat dari  beberapa jenis budaya berikut ini :
a. Makanan tradisional, yaitu jenis makanan yang hanya ada disuatu daerah yang mempunyai bentuk dan rasa yang khas. Contoh dari makanan tradisional yaitu : Nasi Sodu dari Situbondo, Rujak dari Jawa Timur dan Papeda dari Papua.
b. Olah raga & permainan tradisional, adalah jenis permainan yang khas yang dimiliki oleh suku-suku yang ada di Indonesia. Contoh yang paling terkenal adalah karapan sapi dari Pulau Madura dan sepak takraw dari Pulau Sulawesi.
c. Rumah Tradisional, Rumah yang mempunyai bentuk yang khusus dari suku-suku bangsa yang biasanya dinamakan rumah adat. Misalnya : Rumah Joglo Pulau Jawa dan Rumah tongkongan dari Sulawesi.
d. Senjata tradisional, adalah senjata yang secara turun-temurun diwariskan dengan bentuk yang khas. Misalnya : Keris dari Jawa dan Kujang dari Sunda
e. Pakaian tradisional, yaitu pakaian atau kain yang mempunyai motif dan corak khusus dari masing-masing suku bangsa. Contoh Batik dari Jawa dan Baju kurung dari Sumatera.
f. Alat musik tradisional, yaitu seperangkat alat musik atau bunyi-bunyian yang membuat nada-nada khusus dan menghasilkan jenis musik yang berbeda. Misalnya Tifa yang berasal dari Maluku & Papua, Sasando dari NTT.
g. Tarian tradisional, yaitu jenis tarian khas yang memiliki gerakan khusus di setiap daerah. Tarian tradisional biasanya mempunyai fungsi yang berbeda yaitu untuk tarian selamat datang, untuk penghormatan dan untuk upacara adat. Contoh yang terkenal adalah tari Saman yang berasal dari Aceh dan Tari kecak dari pulau Bali.
h. Lagu tradisional, Biasanya diringi dengan alat musik tradisional dan menggunakan bahasa daerah dari wilayah lagu tradisional itu berasal. Misalnya : Ampar-ampar pisang dari Kalimantan Selatan & Apuse yang berasal dari Papua.
i. Bahasa Tradisional, yaitu bahasa Ibu yang secara turun-temurun diwariskan dengan dialek yang berbeda dengan bahasa lainnya. Bahasa tradisional biasanya dinamakan bahasa Daerah. Misalnya : Bahasa Jawa, Bahasa Melayu dan Bahasa Sunda.

j. Kesenian tradisional, yaitu jenis kesenian atau pertunjukan yang mempunyai ciri khas disuatu daerah. Misalnya Reog Ponorogo dan Ondel-ondel Betawi.

1 comment:

Blog Saya Yang Lain