Saturday, July 29, 2017

Pengaruh Perkembangan imu dan teknologi terhadap perubahan ruang Negara-negara Asean

Berkembangnya iptek sudah sangat berpengaruh pada semua sektor kehidupan manusia. Iptek telah turut membantuk kegiatan manusia untuk melakukan segala hal menjadi lebih mudah. Dalam kaitan keruangan, teknologi telah merubah persepsi orang tentang ruang dan waktu. Pada saat ini teknologi telah mampu mengikis sekat-sekat pembatas wilayah antar negara menjadi lebih dekat dan cepat. Teknologi transportasi yang berwujud kendaraan, kapal dan pesawat terbang telah memberikan kecepatan baru terhadap mobilitas penduduk untuk berpindah dari ruang satu ke ruang lainnya secara cepat. Selain itu teknologi komunikasi juga memberikan kemudahan penduduk berkomunikasi dengan penduduk lainnya secara langsung tanpa harus bertemu di satu tempat.

a. Teknologi Transportasi
Sejak jaman dahulu manusia sudah bisa berpndah satu tempat ke tempat lainnya. Perkembangn teknologi transportasi berkembang dengan cepat. Hal ini juga terjadi di Asean yang memiliki wilayah yang luas. Setiap negara Asean memiliki sarana transportasi yang khas, tetapi pada saat ini dibutuhkan alat transportasi yang lebih cepat karena mobilitas penduduk Asean juga cepat. Speed boat, monorel dan pesawat terbang menjadi solusi terhadap masalah tersebut. Apalagi sekarang harga tiket pesawat sudah tidak mahal lagi sehingga interaksi antarruang di Asean menjadi lebih lancar.

Dalam perkembangan selanjutnya, transportasi membutuhkan prasarana berupa jalan, jembatan, terminal, pelabuha, dan bandara, semua prasarana itu membuat perubahan fungsi lahan, dimana lahan pertanian digunakan untuk membangun pra sarana trnsportasi sehingga terjadi perubahan ruang di beberapa negara Asean.

Aktivitas Kelompok - kelebihan dan kekurangan transportasi air di negara-negara ASEAN – Alat Transportasi – Prasarana Transportasi - Benda yang Diangkut - Keunggulan – Kelemahan

b. Teknologi Komunikasi
Pada jaman dulu manusia hanya berkomunikasi secara lisan, setelah itu manusia mengenal tulisan. Tapi cara berkomunikasi masih sangat sederhana dan harus bertemu secara langsung. Pada saat ini teknologi komunikasi sudah berkembang pesat, manusia tidak perlu lagi melakukan mobilitas fisik untuk bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya, karena sekarang cukup dengan angkat telepon kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jauh jaraknya dari tempat tinggal kita.  

Aktivitas Kelompok - kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi 

Perubahan penduduk Asean karena adanya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.
1) Bidang ekonomi
- Meningkatnya pendapatan negara dari pajak karena adanya peningkatan kegiatan perniagaan, pariwisata dan pemukiman baru.
- Menurunnya harga barang impor
- Barang dalam negeri semakin bernilai karena mudahnya ekspor.
2) Sosial
- Pertumbuhan penduduk yang cepat
- perlu peningkatan transportasi publik dan massal untuk mengatasi kemacetan
- hubungan luar negeri yang meningkat dan semakin mudah
3) Keamanan
- Ancaman keamanan semakin meningkat karena batas-batas negara semakin menipis.
- Arus informasi yang provokatif dan tidak benar semakin meningkat
- Ancaman pengacau antarnegara semakin mudah megorganisir dirinya.
4) Budaya
- Budaya-budaya negatif semakin mudah masuk
- Adanya peningkatan budaya liberalis dan hedonis
- norma dan nilai yang berubah
- adanya akukturasi budaya antar bangsa

3 comments:

Blog Saya Yang Lain