Saturday, September 15, 2018

Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur?

a. Perubahan Sosial Budaya pada lingkungan alam yang subur yaitu :
- Jumlah penduduk akan meningkat karena banyaknya pendatang yang ikut tinggal di wilayah tersebut. Lingkungan subur mendorong orang untuk datang karena potensi keuntungan ekonomi yang tinggi terutama pada bidang pertanian.
- Manusia lebih bergantung pada alam karena alam menyediakan lingkungan subur untuk diolah manusia. Hasil bumi bisa dijadikan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhannya.
- Hal negatif yang mungkin terjadi adalah masyarakat malas untuk melakukan inovasi-inovasi baru karena alam sudah menyediakan segala kebutuhan masyarakat tanpa harus berusaha lebih keras.
Perubahan sosial budaya pada lingkungan yang kurang subur yaitu :
- Jumlah penduduk kemungkinan akan berkurang karena banyak pindah ke wilayah lain yang lebih subur. Wilayah tersebut bisa menjadi sepi dan kekurang penduduk sehingga produksi menjadi berkurang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
- Hal positif yang mungkin terjadi adalah dengan lahan yang kurang subur akan memunculkan inovasi-inovasi baru untuk mengolah tanah dengan lebih modern, misalnya dengan irigasi, hidroponik, penggunaan pupuk, traktor mesin dan prediksi cuaca yang menggunakan komputer dan satelit sehingga keadaan yang kurang subur bisa tetap menghasilkan produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat.

b. Apa saja perubahan sosial budaya akibat Indonesia berperang melawan penjajahan Belanda?
- Nasionalisme : Sebelumnya perjuangan dilakukan bersifat kedaerahan tetapi kemudian bersifat nasional karena tumbuhnya rasa nasionalisme yang dikobarkan oleh kaum terpelajar dan cerdik pandai lainnya.
- Ekonomi : Keadaan kehidupan masyarakat memprihatinkan karena perang, selain itu pajak yang tinggi dan tanam paksa semakin membuat rakyat menderita. Hampir semua sumber daya alam diperas habis-habisan oleh penjajah Belanda sehingga rakyat Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.
- Budaya : Kebudayaan Barat atau Belanda menyebar luas ke seluruh negeri, seperti Bahasa, tarian, musik, pertunjukkan, dan cara berpakaian. Selain itu karya arsitektur, sastra dan lukisan juga sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Belanda.

c. Carilah contoh pengaruh masyarakat lain di sekitar tempat tinggal kalian yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya!
- Pengaruh kebudayaan dari negara Korea atau masyarakat Korea terhadap generasi muda. Saat ini budaya korea sangat mempengaruhi kehidupan generasi muda di Indonesia. Pengaruh itu didapatkan dari film, drama, fashion dan musik Korea yang masuk ke Indonesia melalui televisi, internet dan media lainnya. Bisa dilihat sekarang remaja-remaja sudah menggunakan model busana, rambut dan riasan sudah seperti artis-artis Korea, selain itu Bahasa Korea sudah mulai dipelajari di beberapa lembaga pendidikan karena banyaknya permintaan untuk belajar bahasa korea.

19 comments:

  1. Thxx, your answer is good job, 🤗

    ReplyDelete
  2. Mantull (mantab betull) lanjutkan

    ReplyDelete
  3. Makasih bang , . Gue jadi tau jawabannya

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain