Wednesday, September 19, 2018

Dampak Positif Globalisasi

Globalisasi memiliki banyak manfaat sekaligus juga mempunyai pengaruh negatif bagi masyarakat. Berikut adalah pengaruh positif dari globalisasi :
1. Perkembangan IPTEK
Kemajuan di bidang Iptek telah banyak berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Sejak revolusi industri abad ke 18 telah membuat perkembangan iptek begitu pesat. Manusia telah mampu membuat alat-alat yang canggih yang bisa membantu meringankan pekerjaannya.
2. Peningkatan Efektivitas & Efisien
Pada era globalisasi ini juga membuat segala pekerjaan bisa dikerjakan sesuai dengan target yaitu efektif dengan sumber waktu dan tenaga yang tepat yaitu efisien. Mulai dari perencanaan sudah dibuat dengan tepat, sampai pada pelaksanaan yang diawasi dengan baik dan akhirnya dievaluasi. Semua itu menjadi bagian dari manfaat globalisasi dalam manajemen dalam suatu perusahaan.

Aktivitas kelompok
Contoh efektivitas dan efisiensi sebagai akibat dari globalisasi pada bidang berikut :
a. Iptek
Membuat mobil : dengan adanya teknologi robot maka mobil bisa dibuat dengan lebih baik dan bermutu (efektif) dan dengan tenaga kerja yang lebih sedikit serta waktu yang lebih singkat (efisien).
Pertanian : teknologi bisa membuat hasil panen sesuai dengan target (efektif) dan waktu tanam yang lebih singkat serta tenaga kerja yang lebih sedikit (efisien)
b. Komunikasi
SMS : Pesan bisa langsung dan tepat ke penerima yang dituju (efektif) & biaya pesan lebih murah dan lebih cepat sampai (efisien)
Video Call : Pesan bisa dilakukan secara tatap muka sehingga maksud dan tujuan pesan mudah diterima oleh penerima pesan (efektif) & biaya lebih murah dan cepat (efektif)
c. Budaya
Festival Budaya Internasional : Bisa membina perdamaian dunia (efektif) & bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat : misalnya 1 atau 2 hari, hal ini tidak terlepas dari dukungan alat transportasi udara sehingga peserta cepat sampai ditempat festival meskipun berada di negara yang berbeda (efisien).
Promosi Budaya Nasional : tujuannya bisa diketahui oleh masyarakat dunia (efektif) & bisa menggunakan iklan di media elektronik dan internet sehingga lebih cepat dilaksanakan (efisien)

3. Situasi ekonomi semakin baik
Dengan globalisasi ekonomi membuat pedagangan menjadi lebih lancar dan membuat semua kebutuhan masyarakat lebih terjamin. Selain itu perdagangan juga membuat peningkatan pendapatan dalam masyarakat sehingga kesejahteraan meningkat.
4. Taraf hidup masyarakat meningkat
Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi akan juga bisa mengurangi pengangguran yang nanti bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga taraf hidup mereka meningkat.
5. Arus komunikasi yang cepat & mudah
Sekarang dengan adanya handphone dan internet membuat masyarakat dengan mudah mengirim pesan melalui sms, email, whatsapp, video call dan lain-lain.
6. Sektor wisata meningkat pertumbuhannya
Pariwisata menjadi primadona dalam mendapatkan devisa, negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk membangun sektor wisatanya agar bisa terkenal ke seluruh dunia.
7. Keterbukaan informasi
Globalisasi memungkinkan setiap anggota masyarakat mengekspresikan diri untuk melakukan kreativitas atau melakukan kritik sosial kepada pihak lain. Demokrasi menjamin kemerdekaan berpendapatan asalkan tetap mematuhi peraturan yang ada.

Aktivitas kelompok
Lakukanlah pengamatan dari berbagai media tentang kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia!

No
Bidang
Dampak Positif Globalisasi
1
Politik
Demokrasi semakin berkembang dengan baik, rakyat bisa bebas menyuarakan pendapatnya kepada pemerintah. Pemerintah juga mudah untuk menyerap aspirasi dari rakyat. Layanan seperti e-government bisa mempermudah arus komunikasi antara rakyat dengan pemerintah.   
2
Ekonomi
Ekonomi bisa berkembang dengan baik, pasar produksi bisa meluas ke seluruh pelosok negeri bahkan sampai mancanegara. Perdagangan bebas menjadi peluang yang besar untuk meningkatkan produksi sehingga bisa menambah devisa negara.
3
Sosial budaya
Kesejahteraan rakyat bisa meningkat dengan pendapatan per kapita juga meningkat dan berkurangnya pengangguran.
Kebudayaan juga akan berkembang dengan baik karena budaya dari seluruh dunia bisa dilihat melalui media massa dan internet, sehingga budaya-budaya tersebut  bisa saling memperkaya budaya yang sudah ada sebelumnya.
4
Informasi
Informasi bisa berjalan lebih cepat dan akurat. Tidak perlu pergi ke tempat jauh hanya untuk mengirim pesan,sekarang hanya dengan SMS, Whatsapp dan email kita bisa bertukar pesan secara langsung atau real time.
Informasi secara online juga meningkat penggunaanya, misalnya dengan website, televisi dan radio
5
Pendidikan
Pendidikan sudah berkembang dengan cepat dengan menggunakan media elektronik seperti laptop,lcd proyektor dan powerpoint bisa membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Selain penilaian juga menggunakan sistem berbasis komputer sehingga bisa dijamin hasilnya dan aspek kejujurannya.

3 comments:

Blog Saya Yang Lain