Tuesday, September 18, 2018

Globalisasi Bidang IPTEK

Ilmu pengetahuan yaitu suatu cara dalam mendapatkan pengetahuan dengan melalui tahap pengujian dengan metode ilmiah. Biasanya dengan ilmu pengetahuan bisa menjadi ide, teknik, perangkat, dan ide yang menjadi benda material yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia yang dinamakan teknologi. Iptek ini telah masuk ke semua sektor kehidupan, dari bidang ekonomi, industri, pendidik, komunikasi, transportasi dan lain-lain.


Aktivitas Kelompok
Perkembangan globalisasi IPTEK dalam bidang berikut ini.
a. Informasi dan komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat, pada awalnya hanya sekedar berkirim kabar dengan surat, kemudian dipercepat dengan adanya telegraf dan telepon, pada sekarang ini sudah semakin canggih dengan adanya komputer dan smartphone melalui internet yang membuat arus komunikasi dan informasi manjadi semakin cepat dan akurat.
b. ekonomi dan industri
Perkembangan teknologi juga mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi dan industri. Dengan adanya mesin-mesin yang modern membuat produksi industri meningkat dengan pesat dengan biaya produksi yang lebih efisien. Peningkatan produksi tersebut meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga negaranya.
c. Sosial Budaya
Dengan berkembangnya media massa seperti televisi dan radio telah turut mengembangkan kebudayaan masyarakat. Dengan media tersebut aneka budaya bisa ditampilkan menjadi hiburan dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu dengan teknologi yang semakin berkembang membuat masyarakat menjadi tergantung dengan gadget yang dia punya, hampir semua pekerjaan sekarang bisa dilakukan dengan alat yang berteknologi canggih, seperti : mesin cuci, pesawat televisi, laptop dan lain-lain. Sehingga pekerjaan menjadi bisa dikerjakan lebih cepat dan efisien. Selain menyebabkan kehidupan menjadi lebih individual dalam sebelumnya karena kehidupan yang serba cepat dan praktis dengan adanya teknologi.
d. Pendidikan
Sistem pendidikan sudah semakin baik dan terintegrasi dengan adanya penggunaan teknologi, seperti dalam pengelolaan sekolah-sekolah di Indonesia sudah masuk apa sistem Dapodik sehingga semua data seperti : jumlah guru, jumlah siswa, sarana prasarana bisa diakses oleh semua pihak. Selain dalam proses pembelajaran bisa menggunakan hasil-hasil teknologi misalnya dengan komputer dan lcd proyektor sehingga pelajaran menjadi lebih menarik dan efisien. Selain itu dengan adanya internet, bahan pelajaran bisa didapatkan dengan mudah.

7 comments:

Blog Saya Yang Lain