Saturday, September 15, 2018

Diskusikan contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia

Aktivitas kelompok

a. bertambah dan berkurangnya penduduk
Dengan perkembangan penduduk Indonesia yang terus meningkat akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut :
- Meningkatnya urbanisasi, yaitu banyak penduduk desa yang berpindah ke kota karena di kota menjanjikan kehidupan ekonomi yang lebih baik. Hal itu menyebabkan penduduk kota jumlahnya meningkat luar biasa sehingga menimbulkan perubahan sosial seperti : meningkatnya pengangguran, kriminalitas, pemukiman kumuh dan kemiskinan. Sedangkan di desa mengalami kekurangan penduduk yang mengakibatkan berkurangnya produksi pangan dan banyaknya lahan kosong yang tidak diolah.
- Persaingan dalam bidang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan, hal ini ditandai dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan karena hanya dengan pendidikan bisa membuat mereka mampu bersaing untuk mendapatkan taraf ekonomi yang lebih baik, maka bisa dilihat sekarang penduduk sudah banyak yang lulusan sekolah menengah atas sampai perguruan tinggi, padahal pada jaman dulu pendidikan tidak terlalu dianggap penting.

b. penemuan baru
Contoh penemuan baru yang berakibat pada perubahan sosial budaya yaitu :
- Handphone/Smartphone, tidak bisa dipungkiri bahwa penemuan smartphone telah merubah hubungan sosial dan budaya bangsa Indonesia. Pada saat ini penduduk banyak yang bergantung hidupnya pada benda yang satu ini. Dari bayi sampai orang dewasa sangat tidak bisa lepas dari smartphone, dari mulai untuk kerja sampai hanya sekedar untuk bermain media sosial dan game. Hubungan sosial berubah dari yang bersifat sosial menjadi lebih individualis karena kemudahan dalam melakukan komunikasi jarak jauh sehingga masyarakat malas untuk bersilaturahmi dan lebih suka ada di rumah saja. 

c. konflik
Contoh perubahan sosial budaya karena adanya konflik yaitu dari sejarah konflik antara pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). GAM melakukan gerakan separatis untuk memisahkan diri dengan NKRI. Konflik ini berlangsung lama yang menyebabkan pembangunan di Aceh menjadi terhambat dan rakyat tidak bisa hidup dengan damai. Maka dari itu melalui prakarsa dari CMI atau Crisis Management Initiatives mengundang Pemerintah RI dan GAM untuk melakukan perundingan perdamaian di Helsinki Finlandia yang menghasilkan MOU perdamaian. Sampai saat ini Provinsi Aceh menjadi damai sehingga pembangunan bisa dilaksanakan dengan baik dan rakyat bisa hidup dengan tenang dan aman.

d. revolusi
Contoh revolusi yang menghasil perubahan sosial budaya adalah peristiwa Mei 1998, keadaan ekonomi mengalami guncangan karena krisis moneter dengan penurunan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika. Krisis ekonomi tersebut memicu krisis kepercayaan kepada pemerintah sehingga memaksa Presiden Soeharto turun dari jabatannya. Setelah peristiwa itu muncullah era reformasi yang ditandai dengan kehidupan bernegara yang lebih demokratis dan rakyat lebih bebas mengemukakan pendapatnya yang pada era sebelumnya lebih banyak terkekang.

10 comments:

Blog Saya Yang Lain