Tuesday, September 18, 2018

Globalisasi Bidang Ekonomi

Ekonomi merupakan bidang yang utama dibangun dalam suatu negara.Ekonomi menjadi ukuran keberhasilan suatu pemerintahan dalam membangun negaranya.
Pada era sekarang ini tidak satupun negara bisa hidup sendiri dalam melakukan kegiatan ekonominya, semua negara saling tergantung satu dengan lainnya. Globalisasi ekonomi tidak bisa dihindari lagi karena pasar global sudah semakin luas dan terbuka seperti tanpa batas dan sekat.
Salah satu bentuk globalisasi ekonomi adalah perdagangan bebas yang memberikan keleluasaan bagi negara-negara untuk melakukan perdagangan tanpa ada hambatan-hambatan atau proteksi. Perdagangan bebas diharapkan perdagangan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan di seluruh dunia. Organisasi multinasional dan regional dibentuk untuk mendukung perdagangan bebas seperti : WTO, AFTA, NAFTA, Uni Eropa dan lain-lain.
Selain itu banyak bermunculan perusahaan-perusahaan multinasional yang jaringan ke seluruh dunia, seperti : IBM, Coca-cola, Pepsi, Adidas dan lain-lain. Perusahan tersebut mempunyai cabang-cang di beberapa negara di dunia.

Aktivitas Kelompok
Macam-macam globalisasi bidang ekonomi di Indonesia
a. Globalisasi perdagangan
Indonesia sudah masuk pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang membuat Indonesia harus siap untuk melaksanakan pasar bebas dengan konsekuensi barang-barang dari luar negeri bebas masuk ke Indonesia tanpa proteksi, begitu juga sebaliknya. Hal ini menjadi peluang produk ekspor sekaligus tantang terhadap serbuan produk asing.
b. Perusahaan Multinasional
Banyak perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia, hal bisa menjadi peluang melahirkan banyak lapangan kerja, tetapi di lain sisi juga banyak sumber daya yang diserap oleh asing, selain masalah lingkungan yang mungkin ditimbulkan dari industri-industri yang dibangun di wilayah Indonesia.
c. Pariwisata
Pariwisata sudah menjadi sumber ekonomi bagi suatu negara. Wisatawan dari seluruh dunia berbondong-bondong mencari tempat wisata. Pengeluaran dan belanja yang dikeluarkan wisatawan menjadi pemasukan devisa bagi negara yang mereka datangi.
d. Tenaga Kerja
Persebaran tenaga kerja di seluruh dunia, pertukaran tenaga kerja bisa terjadi di setiap negara. Tenaga-tenaga kerja migran ini bisa mendatangkan devisa bagi negara asalnya.
e. Jasa keuangan
Proses transaksi keuangan antar negara ditujukan mempercepat proses pembayaran lintas negara, seperti untuk perdagangan dan pariwisata. Saat kita bisa melakukan transaksi pembayaran di beberapa negara dengan mudah dengan kartu kredit atau mata uang asing.

5 comments:

Blog Saya Yang Lain