Monday, September 17, 2018

Faktor penghambat perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya bisa terhambat karena beberapa faktor yaitu :
1) Kehidupan masyarakat yang terasing
Sebagian besar keterasingan suatu masyarakat bukan karena keinginannya sendiri tetapi karena kondisi tempat tinggal yang berada jauh dari pusat-pusat keramaian sehingga terisolir dari dunia luar. Masyarakat yang tinggal terasing biasanya sulit menerima informasi dan komunikasi dari luar sehingga perubahan-perubahan yang terjadi tidak masuk dalam lingkungan masyarakat tersebut.
2) Perkembangan IPTEK yang terlambat
Iptek adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan masyarakat. Jika pengetahuan dan teknologi tidak mampu dikuasai dengan baik pada suatu masyarakat maka masyarakat tersebut akan juga sulit mengalami perubahan. Peranan pendidikan sekolah menjadi penting dalam meningkatkan penguasaan Iptek menuju ke perubahan masyarakat yang lebih baik.
3) Sikap masyarakat yang masih tradisional
Masyarakat tradisional bisa diartikan sebagai masyarakat yang masih berpegang teguh pada adat istiadat, tradisi, sistem norma, sistem nilai & kebudayaan yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang masyarakat tersebut. Tradisi ini sangat sulit dihilangkan karena tertanam sejak lahir mempunyai sanksi yang besar bagi siapa saja yang melanggarnya. Maka dari itu masyarakat tradisional biasanya sulit menerima perubahan sosial budaya terutama yang berasal dari luar.
4) Prasangka negatif terhadap sesuatu yang baru atau asing
Keadaan yang sudah mapan dan nyaman dalam waktu lama akan membuat masyarakat lebih menutup diri dari perubahan, hal ini karena masyarakat khawatir jika ada perubahan-perubahan baru akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam masyarakat. Misalnya masyarakat Indonesia sebagian anti dengan budaya asing karena akan memberikan dampak yang negatif, padahal tidak semua budaya asing itu negatif, ada juga yang positif seperti : Teknologi, ilmu pengetahuan, demokrasi, dan lain-lain.
5) Adat istiadat dan kebiasaan
Adat istiadat menjadi bagian terpenting dalam suatu masyarakat karena semua aturan istiadat harus dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat. Ada sebagian masyarakat yang adat-istiadatnya cenderung tertutup dari dunia luar sehingga anggotanya menjadi sulit untuk menerima sesuatu yang baru dari luar.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain