Tuesday, September 18, 2018

Globalisasi Bidang Komunikasi

Komunikasi yaitu proses untuk menyampaikan suatu pesan (informasi) yang berasal dari seseorang ke orang lain atau satu kelompok ke kelompok lain. Komunikasi sudah berkembang sejak zaman pra aksara sampai saat ini. Komunikasi pada jaman dulu semula bersifat lisan kemudian berkembang dengan komunikasi tulisan, sampai pada saat ini yang sudah sangat modern dengan komunikasi jarak secara langsung atau real time.

Aktivitas Individu
Globalisasi komunikasi yang menciptakan interaksi sosial dengan bermacam-macam media. Carilah saluran komunikasi digunakan sebagai proses globalisasi.
1. Telepon/Handphone/Smartphone
Sarana modern tersebut sudah menjadi sarana komunikasi jarak jauh yang paling efektif karena komunikasi bisa dilakukan secara langsung melalui tulisan (sms), suara, gambar dan video secara tatap muka. Setiap informasi bisa dilakukan antar negara sehingga jarak dan waktu menjadi seperti tidak ada. Masyarakat di setiap negara bisa saling bertukar informasi sehingga terjadi pertukaran kebiasaan dan budaya yang memicu globalisasi.
2. Internet
Sejak ditemukan internet sekitar tahun 1970 an telah merubah wajah dunia. Sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Globalisasi dalam internet bisa terjadi pada media-media internet berikut ini :
a. Media sosial : sebagai contoh yaitu : facebook, instagram, twitter dll. Penggunanya bisa berinteraksi melalui status dan informasi tentang aktivitas dalam bentuk tulisan, gambar dan video sehingga bisa saling memperkenalkan budayanya masing-masing di seluruh dunia.
b. Messenger : misalnya whatsapp, blackberry messenger, telegram Messenger , dll. Aplikasi yang berguna untuk melakukan komunikasi langsung seperti sms dengan tulisan dan video tatap muka sekaligus bisa bertukar informasi antar anggota dan group yang mereka buat.
c. Aplikasi berbagi Video : seperti : youtube, metube, vidio.com yang berguna untuk membagikan informasi berubah video yang bisa dilihat oleh masyarakat di seluruh dunia.
d. Media massa online : seperti : kompas.com, republika.com, okezone dll. Memberikan informasi seperti media massa konvensional tetapi lebih cepat dan akurat karena bisa diupdate secara real time untuk bisa dibaca oleh masyarakat pada saat itu juga.

5 comments:

Blog Saya Yang Lain