Thursday, July 20, 2017

Masyarakat Desa

Desa merupakan suatu wilayah yang ada di luar daerah kota yang kehidupannya lebih tradisional. Sedangkan pengertian masyarakat desa adalah suatu masyarakat yang memiliki pekerjaan utama sebagai petani pada bidang bercocok tanam, peternakan, perikanan atau kombinasi dari bidang-bidang tersebut, hal ini dikarenakan kondisi alam dan kehidupan sosial masih mendukung kegiatan pertanian tersebut karena lahan-lahan sawah, ladang atau pekarangan masih sangat luas jika dibandingkan dengan pemukiman.

Selain itu dengan penduduk yang masih sedikit dengan pola sosial yang tradisional juga membuat masyarakat desa masih terikat dengan adat-istiadat yang sudah berlaku dalam jangka waktu yang lama. Adat istiadat ini berlaku secara kolektif, setiap warga harus bisa menempatkan diri untuk bisa bekerja sama, gotong royong dan bantu membantu, sedikit ruang bagi sifat indivdualis, yang ada sifat sosial yang tinggi antar warganya. Selain itu adanya kontrol sosial yang tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan norma dan nilai yang berlaku.

Ciri-ciri Masyarakat Desa
  1. Tinggal di daerah yang berada jauh dari perkotaan.
  2. Sifat masyarakat desa cenderung konservatif, menjunjung tinggi norma dan nilai serta loyal dan patuh kepada pimpinan
  3. Penduduk desa kurang terbuka terhadap perubahan, kurang kritis dan cenderung pasrah dengan keadaan hidup
  4. Kurang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Terikat dengan tanah kelahiran dan tradisi nenek moyang yang kuat
  6. Adanya hubungan kekeluargaan yang kuat
  7. Adanya kesamaan garis keturunan, tingkat ekonomi penduduk dan kebudayaan
  8. Mempunyai rasa kasih sayang, cinta dan kesetiaan yang tinggi dalam masyarakat sehingga menimbulkan sifat gotong-royong dan tolong-menolong.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain