Wednesday, July 5, 2017

Jenis-jenis pulau yang ada di Indonesia

Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki banyak sekali pulau besar maupun kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sampai saat ini indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dari pulau-pulau yang ada tersebut, bisa dibagi menjadi beberapa jenis pulau yaitu :
1. Pulau kontinental, pulau-pulau ini merupakan wilayah yang dulunya menjadi bagian dari suatu benua, pulau-pulau ini terbentuk setelah zaman es berakhir. Es yang mencair menaikkan permukaan air laut sehingga daratan rendah terisi oleh air laut dan memisahkan daratan yang lebih tinggi dari daratan benua. Daratan yang terpisah inilah yang menjadi pulau kontinental. Sebagai contoh adalah pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan dulu merupakan bagian dari benua Asia kemudian terpisah setelah zaman es. Sedangkan pulau Papua merupakan bagian dari benua Australia.
2. Pulau oseanis, pulau-pulau terjadi ditengah-tengah lautan atau Samudra. Dari segi terbentuknya pulau ini tidak sama sekali berhubungan dengan benua-benua yang berdekatan dengan pulau tersebut. Penyebab umum terjadinya Pulau ini biasanya karena adanya aktivitas gunung berapi dan aktivitas dari hewan karang di dalam laut yang membentuk dirinya sampai ke permukaan. Indonesia contoh dari pulau oseanis adalah pulau gunung Krakatau yang ada di selat Sunda. Selain itu ada juga beberapa pulau karang yang terbentuk di beberapa wilayah di laut Jawa. Contoh lainnya adalah pulau ternate,  pulau Tidore dan kepulauan Sangihe.
3. Pulau orogenetik, pulau ini terbentuk dari adanya tenaga dari dalam bumi sehingga mendorongnya muncul ke atas permukaan air laut. Pulau jenis ini banyak terdapat di daerah kepulauan Maluku.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain