Thursday, July 20, 2017

Masyarakat Kota

Pengertian Kota adalah suatu wilayah yang memiliki pemukiman yang terlihat secara fisik terdiri atas rumah-rumah dan bangunan lainnya dengan beracam-macam fasilitas yang bisa mendukung kehidupan penduduknya secara mandiri. Penduduk kota memiliki berbagai macam profesi dan pekerjaan dalam segala bidang, terutama bidang industri, perdagangan dan jasa. Jika seseorang hidup di kota berarti dia tinggal dalam lingkungan dengan beranekaragam perbedaan kebudayaan, latar belakang, suku bangsa, profesi, kepercayaan dan kelas sosial.

Di kota hampir semua kebutuhan penduduknya bisa dipenuhi dengan fasilitas pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan hiburan yang serba lengkap. Hidup dalam pemukiman yang saling berdekatan bahkan berdesak-desakan. Hampir semua lahan terpakai sebagai tempat tinggal sampai ke bantaran sungai sehingga menimbulkan banyak pemukiman kumuh. Meskipun lingkungan penduduk yang saling berdekatan dan terlihat sangat ramai, sejatinya penduduk kota berada pada kehidupan sosial yang saling berjauhan dan individualis, hal ini disebabkan kehidupan penduduk kota banyak diatur oleh hukum-hukum formal, misalnya : jam kerja yang ketat, aturan birokrasi, aturan lalu lintas, kegiatan ekonomi dan lain sebagainya.

Tingkat aktivitas penduduk yang tinggi yang disertai dengan persaingan sosial yang tinggi menyebabkan penduduk kota menjadi mempunyai kepribadian yang individualis, materialistis, rendahnya interaksi sosial, tergesa-gesa dan ada perasaan yang tidak nyaman.

Ciri-ciri masyarakat kota
  1. Populasi penduduk yang banyak, padat serta heterogen
  2. Penduduk mempunyai pendidikan tinggi, etos kerja tinggi, menghargai waktu dan memilki kebebasan berekspresi
  3. Profesi yang bermaca-macam sesuai dengan kemampuan, pendidikan dan keahlian
  4. Masyarakat tidak terlalu tergantung dengan keadaan alam
  5. Individualis dan kurang bergaul satu dengan lainnya
  6. Adanya persaingan antar warganya yang sangat ketat untuk mendapatkan kekuasaan ekonomi, sosial dan politik

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain