Thursday, July 20, 2017

Pengertian Laporan

Pengertian laporan merupakan suatu kegiatan memberikan dan mempublikasikan informasi yang sudah dikumpulkan yang selanjutnya diolah dan kemudian disampaikan secar tertulis. Laporan mempunyai manfaat untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan terhadap masalah tersebut secara cepat. Pada tingkat lebih lanjut suatu masalah bisa dilihat perkembangan solusinya dan bisa ditentukan teknik-teknik terbaru dalam mengatasinya. Bentuk laporan bisa disajikan secara narasi, deskripsi maupun eksposisi.

Jenis laporan terdiri atas : laporan peneltian, laporan peristiwa, laporan wawancara, laporan pengamatan, laporan kegiatan dan laporan perjalanan.

Hal pokok dalam laporan terdiri 5 W dan 1 H.  Yaitu : (what) apa yang akan dilaporkan, (who) siapa yang akan dilaporkan, (when) kapan kejadian/penelitian/laporan itu dibuat, (where) dimana peristiwa dalam laporan itu dibuat, (why) mengapa peristiwa itu bisa terjadi dan (how) bagaimana peristiwa yang akan dilaporkan bisa terjadi.

Pola urutan dalam laporan
a. Urutan berdasarkan waktu
1) masa sesaat sebelum berangkat - 2) Pada waktu perjalanan – 3) sampai di tempat tujuan – 4) selama di tempat tujuan – 5) perjalanan kembali pulang – 6) sampai lagi di rumah
b. Urutan berdasarkan ruang
1) berangkat dari rumah – 2) selama di kendaraan dalam perjalanan – 3) di tempat tujuan – 4) sampai kembali di rumah
c. Urutan berdasarkan kegiatan
1) persiapan perbekalan – 2) berkumpul di lokasi sebelum berangkat – 3) kegiatan selama di tempat tujuan – 4) siap-siap untuk kembali pulang

Contoh Laporan perjalanan menurut urutan waktu
Malam sudah larut ketika jam menunjukkan pukul 23.00 di terminal Bungurasih nampak masih banyak penumpang yang berlalu lalang untuk masuk ke bis antarkota yang hendak mereka tumpang menuju ke kampung halamannya. Khusus bis jurusan Jogja malam itu sulit dicari, dari tadi kami sudah menunggu lama, mungkin bis Jogja sedang diserbu penumpang karena memang pas hari libur.
Sekian lama menunggu akhirnya kami bisa berangkat tepat jam 01.00 pagi dengan bus patas. Perjalanan dini hari yang cukup menyenangkan karena bergerak dengan cepat dan mesinnya halus sehingga terasa sangat nyaman di kursi penumpang dengan minim goncangan jalan. Tak terasa dua jam telah berlalu, tepat jam 03.00 kami berhenti sejenak untuk makan dan istirahat di rumah makan di daerah Caruban.

Contoh Laporan perjalanan menurut ruang
Suasana sangat ramai ketika anak-anak berkumpul di depan sekolah untuk persiapan menuju kota Solo. Tibalah kami naik bus yang nampaknya cukup rapi dengan ruangan yang lega dan dinginya AC yang membuat tubuh sedikit menggigil. Perjalanan berjalan begitu cepat, tibalah kami di kota Klaten yang masih gelap, kami berfikiran mungkin ini terlalu pagi sehingga matahari belum muncul memberikan sinarnya. Di depan kami tampak begitu gelap sehingga jarak pandang hanya 100 meter, sepeda motor pun tak nampak dipandangan kami.
Perjalanan di kota Klaten ini menjadi agak mencekam bahkan terbersit pikiran kami untuk mengurungkan  Menuju ke Jogja. Togel wap tertutup kabut tebal yang kami perkirakan dari Gunung Merapi, perasaan kami begitu gundah takut gunung merapi sedang meletus. Di tengah kebimbangan tersebut kami terus memohon doa minta perlindungan dari Allah. Ternyata itu hanya kabut biasa yang selalu menyelimuti tempat ini, tanpa terasa pagi sudah menjelang tepat pukul 08.30 kami tiba di Jogja dalam keadaan suasana yang cerah dan terang.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain