Saturday, July 22, 2017

Pengertian Ketahanan pangan

Ketahanan pangan adalah suatu kondisi sudah terpenuhinya pangan untuk perseorangan sampai tingkat negara yang terlihat dari tersedianya pangan dalam jumlah yang cukup, mempunyai mutu yang baik, layak untuk dikonsumsi, macam-macam jenisnya, gizi yang cukup tinggi, merata dan mudah terjangkau untuk mendapatkannya, serta tidak bertentangan dengan ajaran agama, kebudayaan dan keyakinan masyarakat, agar masyarakat bisa hidup sehat, produktif dan aktif secara berkelanjutan.
Ketersediaan pangan
Produksi pangan di suatu wilayah menentukan jumlah ketersediaan pangan di wilayah tersebut. Jumlah produksi yang tinggi memunculkan mekanisme pasar dalam perdagangan yang menghasilkan transaksi pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus bisa menentukan cadangan pangan yang harus disimpan oleh pemerintah. Ketersedian pangan ini sangat membantu dalam menstabilkan harga pangan pada suatu wilayah negara.  Tinggi rendahnya produksi pangan tergantung pada beberapa faktor, misalnya: Irigasi, curah hujan, jenis tanah, iklim dan lain sebagainya. Selain itu pemberian modal kepada petani dalam bentuk pinjaman lunak bisa juga menjadi salah satu faktor penentu peningkatan produksi pangan.
Akses pangan
Kemudahan masyarakat dalam memperoleh pangan di beberapa wilayah di Indonesia tolong masih rendah. Banyak masalah dan kendala yang mempengaruhi sulitnya akses pangan tersebut, ada 3 faktor yang mempengaruhi akses pangan, yaitu:
a. Aspek fisik atau ketersediaan pangan serta infrastruktur
b. Aspek sosial atau tingkat pendidikan masyarakat
c. Aspek ekonomi atau daya beli masyarakat
Akses pangan juga dipengaruhi oleh infrastruktur transportasi yang bisa pemuda alur distribusi pangan dari satu daerah ke daerah lain. Hal ini penting karena sebagian dari jenis pangan merupakan produk yang cepat rusak. Selain itu juga harus ada tempat pengolahan pangan dan penyimpanan pangan sehingga produk pangan bisa bertahan lama dan awet.
Pemanfaatan pangan
Pemanfaatan pangan harus dimiliki oleh setiap rumah tangga agar setiap individu mampu mendapatkan zat gizi dan bisa memanfaatkan pangan tersebut secara efektif dan efisien oleh tubuh.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain