Friday, July 28, 2017

Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya

1. Batas wilayah Kerjasama Asean berdasarkan geografis
Batas barat yaitu berbatasan Samudera Hindia, Laut Andaman, India, teluk Bengala dan Bangladesh, sedangkan batas timur dengan Samudera Pasifik & Papua Nugini, pada batas utara dengan Laut China Timur dan Negara China dan batas selatan dengan Samudera Hindia dan Australia
2. Contoh iklim bisa memberikan pengaruh terhadap interaksi antarruang & perubahan ruang
- Pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim menjadikan bumi sering mengalami kejadian-kejadian yang tak terduga seperti bencana alam, contohnya bencana badai Haiyan di Filipina yang menyebabkan perubahan ruang pada sebagian wilayah Filipina yang mengalami banyak kerusakan parah karena kecepatan topan yang mencapai 300km/jam sehingga aliran listrik dan telekomunikasi menjadi terputus.
- Bencana Alam karena perubahan iklim tersebut menyebabkan terjadinya interaksi antarruang antar negara-negara Asean, mereka saling bekerja sama untuk mengirimkan bantuan tenaga, makanan, pakaian dan obat-obatan kepada negara yang mengalami bencana alam. Sehingga korban bisa cepat tertolong dan terhindar dari penderitaan.
3. Peran dan pengaruh teknologi komunikasi terhadap interaksi antarruang negara-negara Asean.
- Mempercepat arus informasi dan komunikasi antar negara Asean sehingga terjalin kerjasama yang saling menguntungkan .
- Mempercepat proses perdagangan barang dan jasa antar negara Asean dengan jalinan komunikasi yang bisa mempermudah pemesanan barang dan proses jual beli lintas negara.
- Teknologi komunikasi seakan-akan menghapus batas-batas ruang dan waktu, setiap orang yang berbeda negara di Asean bisa berkomunikasi secara langsung dan cepat tanpa harus bertemu secara fisik. Hal ini bisa mempererat jalinan persaudaraan antar negara-negara Asean.
4. Singapura lebih fokus pada bidang perdagangan dan industri karena :
- Singapura mempunyai posisi yang sangat strategis pada jalur perdagangan laut lintas selat malaka yang menyebabkan Singapura menjadi tempat transit perdagangan internasional dari Asia ke seluruh penjuruh dunia atau sebaliknya. Pada saat ini pelabuhan Singapura merupakan pelabuhan yang tersibuk di dunia.
- Singapura tidak mempunyai sumber daya alam yang
melimpah sehingga tidak bisa mengandalkan ekspor dari bahan-bahan mentah dari bumi, maka dari itu Singapura lebih memilih bidang Industri dan perdagangan karena tidak tergantung terhadap kekayaan alam yang dimiliki.
5. Alasan negara Asia tenggara melakukan kerja sama ekonomi.
- Dengan adanya kesepakatan bidang ekonomi seperti pasar bebas Asean akan memberikan kemampuan daya saing Asean dalam perdagangan dengan negara lain yang sudah maju. Selain itu juga bisa meningkatkan daya tarik investasi antar negara Asean dan juga investasi dari negara luar Asean yang nantinya bisa memperbesar pendapatan nasional dan kesejahteraan penduduk Asean.
- Supaya negara Asean bisa memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing, misalnya Indonesia  bisa impor beras dari Thailand tapi sebaliknya Thailand impor Pesawat terbang dari Indonesia. Terjadinya kerjasama ekonomi membuat negara-negara Asean bisa mandiri dan bisa memenuhi kebutuhan dalam negerinya.

4 comments:

Blog Saya Yang Lain