Saturday, July 15, 2017

Organisasi multilateral internasional

Pengertian organisasi multilateral suatu organisasi mempunyai anggota meliputi hampir semua negara di dunia. Organisasi ini bisa bergerak di berbagai bidang, baik itu ekonomi, perdagangan, kesehatan, buruh, pembangunan dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh dari organisasi multilateral.
1. OPEC atau organization of petrol exporting countries. Organisasi yang didirikan pada tahun 1960 ini bergerak dalam bidang ekspor minyak bumi. Sebagian besar anggotanya merupakan negara-negara produsen dunia. Fungsi utama dari organisasi ini adalah untuk mengatur atau Menjaga harga minyak agar tetap stabil. Contoh negara Apa itu Venezuela, Irak, Qatar lihat,Iran, Saudi Arabia dan lain-lain.
2. ITC atau internasional Tin Council. Organisasi ini dalam bidang pertambangan timah yang mempunyai anggota dari produsen maupun konsumen timah.Sebagai negara konsumen yang menjadi anggota ITC yaitu Indonesia, Malaysia serta Australia. Sedangkan yang bertindak sebagai negara konsumen dalam anggota iTC yaitu Jepang, Amerika Serikat, Jerman dan lain sebagainya.
3. GATT General Aggrement on Trade and Tariff. Organisasi ini mempunyai tujuan untuk membahas dan merundingkan tentang tarif dan perdagangan internasional. GATT pertama kali dibentuk pada tahun 1948. Kemudian pada 15 April 1994 tepatnya di Maroko, GATT berubah nama menjadi WTO atau world trade organization.
4. Organisasi multilateral PBB
a. UNDP atau united Nations development Program. Organisasi ini mempunyai tujuan memberikan pembiayaan kepada pembangunan negara berkembang.
b. ILO atau international labour organization. Merupakan organisasi yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan hak buruh di seluruh penjuru dunia. ILO berpusat di Jenewa dan berdiri sejak 11 April 1949.
c. IMF atau international monetary fund. Organisasi ini Bergerak dalam bidang pembangunan ekonomi dan pemberian bantuan moneter kepada negara anggotanya. IMF berdiri sejak 27 September 1945.
d. IBRD atau international bank for reconstruction and development. Nama lain dari organisasi ini adalah Bank Dunia mempunyai tujuan memberi pinjaman kepada negara-negara agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonominya dengan bunga yang rendah. Kantor pusat IBRD berada di Washington dan telah berdiri sejak 27 Desember 1945.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain