Saturday, July 29, 2017

Perubahan Ruang dan interaksi antarruang Asean karena faktor alam

Situasi sosial dan alam dari anggota Asean yang cenderung seragam atau homogen dan ketergantungan satu dengan lainnya menimbulkan interaksi yang berwujud kerjasama dalam berbagai sektor kehidupan. Faktor utama yang bisa membuat interaksi antarruang terjadi adalah faktor alam yaitu :
a. Faktor iklim
Sebelumnya lengkapi tabel berikut ini yang terdiri atas : Negara, Letak Lintang, Iklim Matahari, dan Posisi Negara dari Indonesia.
Diskusi
- Jumlah negara Asean yang berada di utara dan barat laut Indonesia sebanyak 9 negara.
- Negara Asean yang wilayahnya sebagian tidak masuk iklim tropis adalah Myanmar
- Sebagian besar negara Asean termasuk iklim tropis karena secara astronomis masih dalam wilayah 23½˚ LU sampai 23½˚ LS.

Kawasan Asia Tenggara sering kali terjadi perubahan iklim yang sulit diramalkan, hal ini terjadi karena terjadi kesalahan tata kelola lahan serta perilaku masyarakat yang memicu pemanasan global. Akibat perubahan iklim seringkali menimbulkan bencana yang merugikan dan membawa korban jiwa. Dalam usaha menangani bencana yang terjadi di kawasan Asean dilakukan secara bersama-sama, sebagai contoh : ketika Indonesia mengalami kebakaran hutan, maka Malaysia dan Singapura memberikan bantuan untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut.

Aktivitas kelompok - bencana alam - Faktor Iklim yang Berpengaruh - Negara-negara ASEAN
b. Faktor geologi
Kawasan Asean ada di wilayah terjadinya tumbukam antarlempeng bumi. Lempeng tersebut menunjukan adanya barisan gunung berapi di sirkum pasifik dan sirkum mediterania.
Aktivitas Individu : Pasangkan nama gunung dengan negara anggota Asean
Gerakan lempeng bumi menimbukan bencana gempa bumi dan jika gempa ada di tengah laut akan menimbulkan gelombang tsunami. Di Asean terdapat empat negara yang rawan gempa, yaitu Malaysia, Thailand, Myanmar dan Indonesia.

c. Faktor Ketersediaan SDA
Sumber daya alam yag menunjang kehidupan masyarakat Asean adalah bahan tambang. Berikut aktivitas kelompok tentang kegunaan barang tambang negara anggota Asean.
SDA selain bahan tambang terdapat di Asean adalah hutan dan laut. Kedua sumber daya alam tersebut terkadang diambil secara berlebihan sehingga mengalami kerusakan.Berikut ini kegiatan kelompok langkah yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi dan mencegah kerusakan laut dan hutan.


13 comments:

Blog Saya Yang Lain