Sunday, July 22, 2018

Amerika Serikat

Amerika Serikat terletak di Benua Amerika bagian utara. Secara astronomis berada pada posisi 24’ LU s.d. 70’ LU dan 172’ BB s.d. 66’ BB. Sedangkan secara geografis berbatasan dengan Meksiko dan Kuba di selatan, kemudian berbatasan dengan Kanada di Utara,kemudian berbatasan dengan samudera Pasifik di arah barat dan berbatasan dengan samudera Atlantik di timur.
Iklim
Secara umum wilayah Amerika Serikat sangat luas sehingga memiliki beberapa jenis iklim seperti : iklim kutub, iklim sedang, iklim sub tropis, iklim mediteran dan iklim kontinental. Tetapi secara umum di wilayah AS mengalami 4 musim, yaitu musim dingin, gugur, panas dan semi.
Temperatur udara bisa mencapai kurang lebih - 30’C pada musim dingin dan bisa mencapai 27’C pada musim panas. Khusus pada wilayah gurun bisa mencapai temperatur 43’C, sebaliknya di Alaska yang beriklim kutub bisa  mencapai suhu dingin yang sangat rendah antara - 21’C s.d. 30’C.


Aktivitas Kelompok

1. Keadaan fisik negara AS berdasarkan peta.
Jika dilihat dari peta maka bisa lihat pada wilayah barat Amerika coklat sampai coklat tua dan hanya sedikit warna hijau di pantai barat Amerika Serikat. Dari warna peta di atas bahwa wilayah barat banyak wilayah gunung dan pegunungan.Di sana terdapat pegunungan Rocky dengan sedikit dataran tengah di The Central Park. Di wilayah barat ini juga terdapat daerah gurun seperti di Chihuahua, Great Basin dan Mojave.Di barat juga terdapat padang rumput yang luas dengan sedikit hutan di di wilayah selatan.

Di wilayah timur lebih banyak berwarna hijau, hal ini menunjukkan banyak dataran rendah di sana. Bagian timur ini dibatasi oleh pegunungan Appalachia. Menuju tenggara terdapat dataran rendah yang dilalui oleh sungai-sungai, seperti Mississippi dan Missouri. Pada Bagian utara terdapat danau-danau besar atau Great Lakes.

2. Hubungan keadaan alam Amerika Serikat dengan sebaran penduduk negara tersebut.
Jika dilihat dari keadaan alam maka penduduk Amerika Serikat lebih banyak tinggal di wilayah timur. Hal ini karena wilayah barat banyak terdapat gunung, pegunungan dan gurun. Sedangkan wilayah timur yang banyak terdapat dataran rendah dan dilalui oleh sungai-sungai.Tetapi di sepanjang pantai barat Amerika Serikat terdapat jumlah penduduk yang cukup banyak seperti di negara California. Di wilayah barat juga terdapat negara bagian yang memiliki penduduk yang besar seperti New York, Florida , Texas,  Illinois dan Pennsylvania.

3. Informasi tentang keadaan alam wilayah di Amerika Serikat

Nama Wilayah
Keadaan Alam
Komoditas yang Dihasilkan
New York
Dataran rendah
bahan kimia, produk logam
Los Angeles
Datar dan berbukit
dirgantara, teknologi, dan minyak
Alaska
Dataran rendah dan perbukitan
Minyak, gas alam, dan perikanan
Texas
Dataran rendah dan pegunungan
Minyak, Pertanian dan peternakan

20 comments:

  1. Keadaan alam dan komoditas yg dihasilkan Virginia,california,washington,melissipi.........??????

    ReplyDelete
  2. Makasi kak jawabannya.semoga yang lain bisa nerima jawaban ini

    ReplyDelete
  3. Makasihh kak, jawabannya sangat" membantuuu

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kak jawabannya sangat mambantu

    ReplyDelete
  5. Makasih kk jawabanny lengkap banget

    ReplyDelete
  6. Terima kasih kak jawaban kakak sangat membantu

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain