Wednesday, July 11, 2018

Letak dan Luas Benua Australia

Benua Australia adalah tempat dari Suku Aborigin, Pendatang Eropa, selain itu juga terkenal dengan Opera House-nya, dan hewan yang terkenal Kangguru. Australia memang mempunyai ciri khas tersendiri. Benua ini berbatasan laut dengan negara kita. Sebagian besar penduduk di sana merupakan keturunan Eropa, ditambah dengan ras Asia dan Suku Bangsa asli Aborigin.  

Secara Astronomis benua Australia berada pada koordinat 113’ BT s.d. 155’ BT dan 10’ LS s.d. 43’ LS. Hal ini menyebabkan sebagian benua Australia beriklim tropis di bagian utara dan sebagian lagi beriklim subtropis di bagian selatan. Sedangkan secara geografis benua Australia mempunyai batas-batas sebagai berikut :
- Selatan : Samudra Hindia
- Utara : Laut Timor, Selat Torres serta Laut Arafuru
- Barat : Samudra Hindia
- Timur : Samudra Pasifik, Laut Coral dan Laut Tasman

Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia dengan luas mencapai 8,945 juta kilometer persegi. Benua Australia ini memiliki panjang wilayah kurang lebih 3.700 km dan lebar wilayah mencapai kurang lebih 3.200 km. Sebagian besar daratan benua ini merupakan gurun dengan puncak tertinggi di puncak Mawson setinggi 2.745 m di atas permukaan laut dan bagian daratan terendah di Danau Eyre sedalam 15 m di bawah permukaan laut. Sungai terpanjang di Australia adalah sungai Murray dengan panjang 2.508 km dan danau terluas yaitu Danau Eyre dengan luas 9.500 km.
Hanya terdapat satu negara di Benua ini yaitu Negara Australia dengan Ibukota Canberra dan terdapat beberapa negara bagian seperti : Tasmania, Queensland, New South Wales, Victoria, Australia Utara, Australia Selatan dan Australia Barat.

Tugas/Aktivitas Kelompok
Carilah Kota-kota pada negara bagian di Australia

No
Nama Negara Bagian
Nama-Nama Kota
1
New South Wales
Newcastle, Wollongong, Sydney, Nowra, Orange
2
Victoria
Melbourne, Geelong, Benalla, Ballarat, Bendig,
3
Queensland
Ipswich, Hervey Bay, Logan City
Mackay, Brisbane
4
Australia Selatan
Port Pirie, Port Lincoln, Victor Harbor, Port Augusta, Adelaide
5
Australia Barat
Port Hedland, Fremantle, Kalgoorlie, Mandurah, Perth
6
Tasmania
Launceston, Glenorchy, Devonport, Clarence, Hobart
7
Australia Utara
Palmerston, Katherine, Alice Springs, Darwin

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain