Wednesday, July 11, 2018

Letak dan Luas Benua Afrika

Benua ini dijuluki Benua Hitam karena sebagian penduduknya berkulit hitam. Secara astronomis Benua Afrika terletak di 17’ BB s.d. 52’ BT dan 35’ LU s.d. 34’ LS. Luas benua Afrika mencapai 30,290 juta kilometer persegi. Secara geografis benua Afrika memiliki batas-batas sebagai berikut :
- Batas utara yaitu Laut Tengah
- Batas selatan yaitu Samudera Hindia
- Batas barat yaitu Samudra Atlantik
- Batas timur yaitu Samudra Hindia
Wilayah benua Afrika dibagi menjadi 5 region yaitu Afrika selatan, Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Timur & Afrika Tengah.

Negara-negara Afrika berdasarkan region

Benua/Region
Negara-negara
Afrika Utara
Mesir, Tunisia, Libya, Algeria, Maroko, Sudan dan Sudan Selatan
Afrika Tengah
Sao Tome and Principe, Angola, Gabon, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Republik Demokratik Kongo dan Kongo
Afrika Selatan
Swaziland, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Namibia dan Zimbabwe
Afrika Barat
Togo, Benin, Sierra Leone, Senegal, Burkina aso, Tanjung Verde, Nigeria, Pantai Gading, Niger, Mauritania, Mali, Gambia, Ghana, Liberia, Guinea-Bissau dan Guinea
Afrika Timur
Zambia, Burundi, Komoro, Uganda, Tanzania, Djibouti, Somalia, Eritrea, Ethiopia, Seychelles, Mozambik, Kenya, Mauritius, Madagaskar dan Malawi

Karakteristik Region di Benua Afrika

Afrika Utara
Sebagian besar wilayah ini dihuni penduduk Arab dengan mayoritas beragama Islam. Wilayah Afrika utara dimulai dari pantai Atlantik di Maroko sampai ke Terusan Suez di Mesir. Sebagian besar penduduk Afrika Utara berkumpul di sepanjang garis sungai Nil, pantai Mediterania dan pantai Atlantik. Selain itu di Afrika Utara terdapat gurun Sahara yang merupakan gurun terluas di dunia. Bahasa yang dipakai oleh penduduk mayoritas Bahasa Arab dan kebudayaan juga terpengaruh dengan budaya Arab.

Afrika Tengah
Penduduk Afrika Tengah mempunyai pekerjaan sebagai petani, memancing dan beternak. Sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pedesaan yang miskin dan mengalami masalah dalam penyediaan pangan. Ada beberapa suku yang mendiami Afrika Tengah seperti : Suku Bantu, Mongo, Kongo, Luba, Nilo-Sahara, Niger-Kongo Ubangia dan Kanuri. Sedangkan bahasa yang digunakan seperti : bahasa Ubang, Gbaya, Zande dan Banda. Agama yang dianut sebagian besar adalah Agama Kristen, Islam dan kepercayaan lokal.

Afrika Selatan
Region Afrika Selatan mempunyai banyak ragam budaya dan etnis seperti suku bangsa Sukuma, Shona, Ovimbundu, Mbundu, Zulu, Xhosa, Tsonga dan lain-lain. Selain itu karena adanya penjajah juga terdapat penduduk yang berasal dari benua Eropa. Region Afrika Selatan pada umumnya negara agraris dengan angka kemiskinan yang tinggi dan tingginya konflik politik. Di region ini kaya akan sumber daya alam seperti : uranium, emas, titanium, berlian dan besi. Penganut agama terbesar adalah agama Kristen, kemudian Islam dan kepercayaan lokal.

Afrika Barat
Afrika bagian barat dihuni beberapa suku bangsa seperti : Wolof, Soninke, Fulani, Arab-Berber Maghrebi dan beberapa suku bangsa lainnya. Dalam hal pakaian biasa menggunakan konsep hemming atau menyulam seperti Boubou atau jubah tradisional Afrika Barat. Di Afrika Barat juga maju dalam industri film terutama negara Nigeria yang terdapat kawasan industri film yang bernama Nollywood. Agama yang dianut oleh masyarakat Afrika Barat adalah agama Islam, Kristen dan kepercayaan lokal. Bahasa yang digunakan sebagian besar adalah Niger - Kongo, selain itu ada bahasa Hausa, Songhai, Zarma dan Kanuri.

Afrika Timur
Sampai saat ini Afrika Timur masih menghadapi masalah kemiskinan dan konflik yang berkepanjangan. Agama yang dianut di Afrika timur adalah Agama Kristen, Islam, Hindu, Kepercayaan lokal dan lain-lain. Bahasa yang digunakan di Afrika Timur seperti : Beja, Somali, Omoro, Amharik, Arab, Tigrinya, Wolaytta dan lain-lain. Selain itu juga sebagian masih menggunakan bahasa Inggris, Portugis dan Perancis. Mata pencaharian penduduk Afrika Timur yaitu : beternak, bertani dan sebagai nelayan. Selain itu Afrika Timur juga memiliki tarian dan musik lokal yang khas serta memiliki arsitektur rumah khas yang dari lumpur dengan atap jerami dan lantai tanah.

Negara-negara di Afrika

No.
Nama Negara
Nama Ibukota
Luas Wilayah (km2)
1
Kenya             
Nairobi
580.367
2
Madagaskar   
Antananarivo
587.041
3
Gabon             
Libreville
267.667
4
Angola            
Luanda
1.246.700
5
Libya   
Tripoli 
1.759.540
6
Sudan             
Khartoum
1.861.484
7
Botswana       
Gaborone
581.730
8
Namibia         
Windhoek
824.292
9
Ghana             
Accra
238.533
10
Mali                
Bamako
1.240.192

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain