Thursday, July 5, 2018

Letak dan Luas Benua Amerika

Benua Amerika mempunyai nama lain Benua Merah karena Suku Indian yang mendiami Benua Amerika zaman dulu suka mewarnai kulitnya dengan warna merah. Secara astronomis benua Amerika berada pada posisi 170’ BT s.d. 35’ BB & 83’ LU s.d. 55’ LS dengan luas 42,55 juta kilometer persegi. Sedangkan secara geografis benua Amerika berbatasan dengan samudra Atlantik di bagian timur, di bagian barat berbatasan dengan samudera Pasifik, di bagian utara berbatasan dengan Samudera Artik, dibagian selatan berbatasan dengan laut Weddel. Selain itu benua Amerika dibagi menjadi empat region yaitu : Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan serta Kepulauan Karibia.

Aktifitas Individu
Negara-negara di Benua Amerika

Benua/Region
Negara-negara
Amerika Utara
Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat
Amerika Tengah
Guatemala, Nikaragua, Belize, Kosta Rika, Honduras, El Salvador, Panama
Amerika Selatan
Argentina, Bolivia, Uruguay, Brasil, Chili, Kolombia, Paraguay, Ekuador, Guyana, Suriname, Peru, Venezuela
Kepulauan Karibia
Trinidad dan Tobago, Antigua dan Barbuda, Bahamas, Barbados, Kuba, Dominika, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Republik Dominika, Grenada, Haiti , Jamaika, Saint Kitts dan Nevis

Karakteristik Budaya Benua Amerika

Amerika Utara
Penduduk asli penduduk Amerika Utara adalah Suku Indian & Eskimo, kemudian datang penduduk kulit putih dari eropa dan sebagian lagi datang dari Afrika. Pertumbuhan penduduk rendah dengan pendapatan perkapita yang cukup tinggi. Penduduk Amerika Utara cenderung liberal dengan adanya kebebasan ekonomi, kebebasan mengemukakan pendapat dan lain-lain. Selain itu Amerika Utara merupakan tempat berkembang budaya modern seperti : musik, film, televisi, olah raga dan lain-lain.

Amerika Tengah
Sebagian besar negara di Amerika Tengah masih negara berkembangan dengan pertanian sebagai mata pencaharian utama penduduk di sana. Suku Indian merupakan penduduk asli Amerika Tengah dengan tambahan penduduk pendatang berkulit Putih dan Berkulit Hitam. Agama yang dianut masyarakat Amerika Tengah sebagian besar Katholik Roma dan Protestan. Sedangkan bahasa yang dipakai oleh penduduknya adalah bahasa Spanyol, Bahasa Perancis, Bahasa Inggris dan bahasa lokal lainnya.

Amerika Selatan
Sebagian besar negara-negara di Amerika Selatan merupakan bekas jajahan Spanyol, Portugal, dan Perancis sehingga kebudayaan mereka masih terpengaruh oleh negara-negara yang pernah menjajahnya. Seperti bahasa yang digunakan merupakan Bahasa Spanyol, Portugal, dan Perancis. Penduduk Selatan adalah penduduk asli yaitu suku indian dengan pendatang dari eropa, afrika dan asia. Sehingga budaya merupakan perpaduan dari penduduk-penduduk tersebut.

Kepulauan Karibia
Sebagian penduduk Karibia merupakan keturunan Afrika dan sebagain lagi merupakan penduduk Spanyol dan penduduk asli. Sehingga kebudayaan afrika begitu kental dalam kehidupan masyarakat, Selain itu kebudayaan dari Spanyol, Perancis dan Belanda juga mempengaruhi kehidupan di kepulauan Karibia. Agama yang paling banyak dianut adalah Katolik Roma dan Kristen Protestan. Ada kebudayaan musik yang cukup terkenal di Karibia yaitu : regge, calypso dan salsa.

Negara di Benua Amerika

No.
Nama Negara
Nama Ibukota
Luas Wilayah (km2)
1
Argentina
Buenos Aires  
2.780.400
2
Peru                
Lima
1.285.216
3
Amerika Serikat         
Washington, D.C
9.833.517
4
Kanada           
Ottawa
9.984.670
5
Antigua dan Barbuda 
St. John’s
442,6
6
Haiti               
Port-au-Prince
27.750
7
Trinidad dan Tobago
Port of Spain
5.128
8
Belize             
Belmopan
22,966
9
Guatemala                 
Guatemala City
108.889
10
Panama          
Panama City
75.420

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain