Monday, July 30, 2018

Dinamika Penduduk Asia

Dari data yang diperoleh WPDS atau World Population Data Sheet menunjukkan jumlah penduduk di benua Asia kurang lebih 3,921 milyar jiwa pada tahun 2005. Tetapi jumlah itu meningkat pada tahun 2015 menjadi 4,397 milyar jiwa. Berarti dalam waktu 10 tahun bertambah sebanyak 476 juta jiwa. Ada 3 negara yang mempunyai penduduk terbesar di Asia, yaitu : Cina, India dan Indonesia.

Aktivitas Kelompok
Menelusuri budaya beberapa negara di benua Asia

No.
Nama Negara
Nama Bahasa
Agama
Contoh Karya
Seni
1
Indonesia
Indonesia
Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha
Wayang, Batik, Keris, Gamelan, Tarian Daerah
2
Filipina
Filipino (Tagalog) dan Inggris
Katolik, Kristen, Islam
Bahay Kubo, parol, Organ bambu, Tari Tinikling
3
India
Hindi, Inggris
Hindu, Islam, Kristen, Sikh, dan  Buddha
sari, dhoti, bhangra, Taj Mahal
4
Jepang
Bahasa Jepang
Buddha, Shinto
Kimono, Ikebana, Origami, Sokyoku
5
Korea Selatan
Bahasa Korea
Buddha, Kristiani
Hanbok, kimchi, Istana Changdeok, Tarian Seungmu
6
Arab Saudi
Arab
Islam
Gambus, Rebana, Tari Sema, Thawb
7
China
Mandarin
Buddha,  Taoisme. Islam, Kristen
Barongsai, Wayang potehi, Erhu, Tarian Naga
8.
Thailand
Thai
Buddha, Islam, Kristen, Hindu
Tari Sri Nuan Sri Nuan, Dosa pha, Muay Thai
9
Lebanon
Arab dan Perancis
Islam Sunni, Islam Syi'ah, Katolik
kibbe, Dabke
10
Uzbekistan
Uzbek
Muslim, Kristen Ortodoks Rusia
Shashmaqam, Palov, Askiya

Buatlah sebuah tulisan yang menggambarkan dinamika penduduk salah satu negara di Asia. (Di bawah ini merupakan contoh)

a. Judul
Dinamika penduduk Thailand

b. Nama Anggota Kelompok

c. Pendahuluan
Thailand merupakan kerajaan yang ada di Asia Tenggara. Jaman dulu Thailand terkenal dengan nama Kerajaan Siam. Sejarah mencatat bahwa Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah negara lain. Secara geografis Kerajaan Thailand berbatasan dengan malaysia di sebelah selatan, selanjutnya berbatasan dengan Laos & Kamboja di sebelah timur, berbatasan dengan Myanmar di sebelah barat.

d. Pembahasan
Jumlah dan Sebaran Penduduk
Menurut data tahun 2015, penduduk Thailand mencapai 65.104.000 jiwa. Penduduk negara Thailand sebagian besar tinggal di pedesaan mencapai 55 % dari jumlah semua penduduk, sedangkan 45% hidup di perkotaan khusus daerah sekitar metropolitan Bangkok. 

Komposisi Penduduk Thailand
Berdasarkan umur penduduk sebagian besar penduduk Thailand merupakan usia produktif antara 15-64 tahun sebanyak 70% sedangkan usia 0-14 tahun mencapai 22% dan usia 65tahun ke atas mencapai 8%.
Sebagian penduduk Thailand merupakan Suku Thai dan Suku Lao, selain itu juga terdapat Suku Tionghoa serta Suku Melayu yang banyak tinggal di bagian selatan Thailand.
Sedangkan komposisi penduduk berdasarkan penganut agama maka penganut terbesar adalah Agama Budha mencapai jumlah 94,5%, agama Islam mencapai 4,3%, Kristen mencapai 1.2%.

Budaya Thailand
Kebudayaan Thailand terbentuk dari beberapa pengaruh kebudayaan dari China, India, Kamboja, Laos dan Burma. Pengaruh Agama Budha sangat tinggi dalam kebudayaan negara Thailand. Kesenian dan arsitektur sangat dipengaruhi kebudayaan dari Agama Budha, sedangkan karya-karya sastra mendapat pengaruh dari budaya Hindu di India, seperti cerita Ramayana yang dalam budaya Thailand disebut Ramakien.

e. Kesimpulan
Thailand merupakan kerajaan yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini secara ekonomi sedang berkembang. Sebagian besar penduduk Thailand tinggal di daerah pedesaan. Sebagian besar penduduk Thailand menganut Agama Budha. Sebagian besar penduduk Thailand dalam usia produktif yang bisa mendukung pembangunan Thailand

f. Daftar Pustaka
https://en.wikipedia.org/wiki/Thailand
Kiswantoro. 2013. IPS; untuk SMP dan MTs. Solo : Putra Keraton.

7 comments:

Blog Saya Yang Lain