Monday, July 2, 2018

Letak dan Luas Benua Asia

Asia merupakan benua terbesar yang letaknya secara astronomis antara 26’ BT s.d. 170’ BT dan 11’ LS s.d. 80’ LU. Secara geografis hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara sedangkan hanya sedikit wilayah dibelahan bumi selatan, salah satunya wilayah Indonesia. Sedangkan batas benua Asia disebelah utara dengan samudra artik, untuk sebelah selatan dengan samudra Hindi, kemudian sebelah barat berbatasan dengan laut merah, laut hitam, laut tengah, selat Dardanella, Terusan Suez, Pegunungan Ural, Selat Bosporus dan Laut Kaspia, sedangkan batas timur benua Asia dengan Samudra Pasifik.  
Benua Asia memiliki luas 44 juta km2 yang menjadikannya benua terluas di dunia. Rusia merupakan negara terluas di Benua Asia. Asia dibagi lagi menjadi beberapa region misalnya : Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Barat / Asia Barat Daya / Timur Tengah, Asia Tengah dan wilayah Rusia. Pembagian region itu dilakukan berdasarkan kedekatan wilayah dan aspek kemiripan sosial budaya.

Aktivitas Individu
Nama-nama negara di benua Asia

Benua  / Region
Negara-negara
Asia Tenggara
Myanmar, Malaysia, Kamboja, Indonesia, Brunei Darussalam, Filiphina, Singapura, Timor Leste, Thailand, Vietnam, dan Laos
Asia Timur
Mongolia, Korea Selatan, Korea Utara, Republik Rakyat China, Jepang dan Taiwan
Asia Selatan
India, Bangladesh, Nepal,  Pakistan, Bhutan, Srilanka & Maladewa.
Asia Barat Daya
Yordania, Suriah, Irak, Lebanon, Iran, Siprus, Azerbaijan,  Armenia, Yaman, Kuwait, Arab Saudi, Oman, Bahrain, Qatar,  dan Uni Emirat Arab
Asia Tengah
Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Kirgizstan & Turmenistan.

Karakteristik sosial masing-masing region di Benua Asia

Asia Tenggara
Secara geografis Asia Tenggara  terdiri atas daratan yang menyatu dengan Asia dan sebagian lagi merupakan kepulauan yang terpisah dari daratan Asia. Sebagian besar penduduknya bekerja dalam bidang agraris karena tanah Asia Tenggara yang subur. Di kawasan ini bertemu budaya Melayu, Tionghoa, India, Kadazan-Dusun, dan lain-lain karena sejak jaman dulu sudah menjadi tempat perdagangan yang strategis sebagai penghasil rempah-rempah dunia. Bahasa yang digunakan masyarakat Asia Tenggara terdiri atas bahasa Melayu (di Indonesia dan Malaysia), sedangkan Filipina menggunakan bahasa Tagalog, Bahasa Thai, Bahasa Laos, Vietnam, Myanmar, Kamboja, selain juga menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol.

Asia Timur
Kawasan ini ciri khas penduduknya yang merupakan ras mongoloid dengan kulit putih kekuningan, rambut hitam dan mata yang sipit. Dalam budaya makan biasanya menggunakan supit sebagai penganti sendok. Bahasa Tiongkok, Jepang, dan Korea menggunakan  aksara Cina atau dalam Bahasa Mandarin dinamakan Hanzi, dalam Bahasa Jepang namana Kanji, dan dalam Bahasa Korea namanya Hanja. Sebagian besar negara Asia Timur merupakan nagara maju dalam bidang industri.

Asia Selatan
Budaya Asia Selatan cenderung berbeda dengan kawasan lain di Asia. Secara umum yang mendiami kawasan Asia Selatan merupakan suka bangsa Indo-Eropa dan Dravida. Jumlah penduduk di region ini sangat banyak terutama di Negara India. Budaya India juga sangat berpengaruh di wilayah ini.  

Asia Tengah
Sebagian besar negara Asia Tengah merupakan negara-negara bekas bagian dari Uni Soviet. Negara-negara tersebut memiliki cadangan sumber daya alam yang melimpah, termasuk negara berkembang dan  mayoritas penduduknya beragama Islam. Asia tengah didiami oleh ras Europoid, yaitu orang mongol yang memiliki rambut pirang, dan mempunyai mata biru. Bahasa yang digunakan sesuai dengan negaranya misalnya Bahasa Kirgiz, Rusia,  Tajik (Persia), Turkmen, dan Uzbek.

Asia Barat Daya
Wilayah ini merupakan pertemuan dari 3 benua yaitu Benua Asia, Eropa dan Afrika. Region ini sangat kaya sumber daya alam terutama Minyak Bumi, sehingga sebagian negara-negara disana memiliki kemakmuran yang tinggi secara ekonomi. Asia Barat merupakan tempat lahirnya agama-agam besar yaitu : Islam, Kristen dan Yahudi. Secara umum di Asia Barat Daya merupakan Bangsa Arab, kemudian terdapat Bangsa Iran dan Turki dan sebagian kecil merupakan Bangsa Yahudi, Armenia dan Kurdi. Bahasa yang dipakai sebagian besar penduduk adalah bahasa Arab, sebagian lagi menggunakan bahasa Parsi dan bahasa Turki.

Aktivitas Individu
Nama negara di Benua Asia

No.
Nama Negara
Nama Ibukota
Luas Wilayah (km2)
1
Indonesia
Jakarta
1,904,569
2
Malaysia
Kuala Lumpur
329,847
3
Jepang
Tokyo
377,930
4
Republik Korea
Seoul
99,828
5
India
New Delhi
3,287,240
6
Pakistan
Islamabad
796,095
7
Uzbekistan
Tashkent
447.400
8
Turkmenistan
Ashabad
488.100
9
Arab Saudi
Riyadh
1,960,582
10
Uni Emirat Arab
Abu Dhabi
82,880

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain