Monday, July 30, 2018

Dinamika Penduduk Amerika

Benua Amerika mempunyai penduduk sekitar 888 juta jiwa pada tahun 2005 selanjutnya meningkat menjadi 987 juta jiwa pada tahun 2015. Sehingga dalam waktu 10 tahun terjadi pertambahan penduduk mencapai 99 juta jiwa atau setiap tahun naik sebanyak 0,9 %. Persentase pertumbuhan penduduk tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan benua-benua yang lain.
Sebaran penduduk di Benua Amerika cenderung tidak merata. Penduduk sebagian besar berada pada wilayah timur Amerika Utara, daerah Amerika Tengah dan ada pula yang tinggal di beberapa pulau di Karibia. Di Amerika Selatan juga yang dominan penduduk tinggal di wilayah timur dan pesisir pantai Amerika Selatan.

Aktivitas Kelompok
Tulislah bahasa yang digunakan Negara-negara di Benua Amerika pada tabel berikut.

No
Nama Bahasa
Nama Negara
1
Inggris
Kanada, Amerika Serikat, Guyana, Belize, Jamaica, Trinidad and Tobago, Barbados, Bahamas, Saint Lucia, Saint Vincent and the Grenadines, Virgin Islands, Grenada, Saint Kitts and Nevis, Antigua and Barbuda, Dominica, Cayman Islands, Turks and Caicos Islands, British Virgin Islands, Anguilla, Montserrat
2
Spanyol
Cuba, Mexiko, Venezuela, Colombia, Equador, Peru, Chile, Argentina, Uruguay,  Costa Rica, Nicaragua, Paraguay, Bolivia, El Salvador, Guatemala, Honduras, Panama, Republik Dominika, Puerto Rico
3
Prancis
Guyana Perancis, Kanada, Haiti, Guadeloupe, Martinique, Saint Martin, Saint Barthélemy
4
Portugal
Brazil
5
Belanda
Suriname, Curaçao, Aruba, Sint Maarten, Caribbean Netherlands

Buatlah deskripsi  budaya Amerika yang diadopsi di Indonesia

No
Kategori Budaya
Contoh Produk Budaya
yang Diadopsi
Deskripsi
1
Seni (Musik,
Arsitektur, Alat
Musik)
Alat Band terdiri atas : Gitar, Bass, Keyboard dan Drum
Musik di Indonesia banyak dalam bentuk kelompok Band yang alat-alatnya mengadopsi dari alat-alat musik yang biasanya juga digunakan oleh band-band yang ada di Amerika. Mereka gunakan alat itu untuk rekaman dan tampil di panggung.
2
Pakaian
celana jeans
Mulanya celana jeans dipakai oleh pekerja tambang di Amerika, kemudian celana ini menjadi tren mode yang menyebar ke seluruh dunia. Di Indonesia cukup terkenal di kalangan pemuda karena terlihat modis dan bahannya awet.
3
Olah Raga
Bola Basket
Bola Basket sangat terkenal di Amerika melalui liga NBA, anak muda Indonesia juga menyukai olahraga ini yang dimainkan di sekolah, taman kota, dan lapangan Indoor.
4
Makanan
Hamburger
Adanya rumah makan cepat saji di beberapa kota membuat Hamburger menjadi banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Budaya di benua Amerika dibedakan antara Utara dan Selatan. Budaya Amerika Utara sangat kuat mempengaruhi kebudayaan dunia melalui musik, film dan kebudayaan pop lainnya. Budaya Amerika bisa dilihat dari beberapa produk budayanya seperti : jeans, baseball, hamburger dan lain-lain yang sudah menyebar menjadi kebudayaan global.

Penduduk Asli Amerika adalah suku Indian dan suku Eskimo di Amerika Utara. Penduduk tersebut semakin terdesak karena semakin banyak imigran dari Eropa yang datan sejak abad ke-15.  

22 comments:

  1. Makasih ini sgt memban
    tuuuuuuuuuuuuüúûùůűųū

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak ini membantu saya

    ReplyDelete
  3. Makasih walaupun yang dicari eropa

    ReplyDelete
  4. makasih, tpi gambar amerikanya tdk ada

    ReplyDelete
  5. Terbantu bat dah gua, thank you mimin

    ReplyDelete
  6. Thank You very much for help me tasking

    ReplyDelete
  7. Terima kasih kak, sangat membantu

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain