Tuesday, July 24, 2018

Australia

Australia adalah negara yang berada dalam satu Benua, makanya Australia disebut juga negara benua. Secara astronomis Australia berada pada 3 jenis iklim yaitu : iklim tropis pada 11' s.d. 23,5' LS, selanjutnya iklim subtropis pada 23,5' LS s.d. 35' LS dan iklim sedang pada 35' LS s.d. 44' LS. Semakin ke selatan garis lintang maka temperatur udara semakin menurun.
1. Carilah peta dan tulislah negara-negara bagian di negara Australia beserta masing-masing ibukotanya.

No
Nama Negara Bagian
Ibu Kota
1
New South Wales
Sydney
2
Victoria
Melbourne
3
Queensland
Brisbane
4
Australia Selatan
Adelaide
5
Australia Barat
Perth
6
Tasmania
Hobart
7
Australia Utara
Darwin

2. hubungan antara keadaan alam di negara  Australia & komoditi yang diproduksinya!
- Komoditas buah-buahan tropis seperti : nanas, mangga dan nanas banyak ditanam di wilayah utara Australia yang beriklim tropis.
- Sedangkan biri-biri banyak diternakan di wilayah padang rumput di bagian timur dan barat wilayah Australia.
- Untuk perikanan banyak diusahakan di wilayah pantai New South Wales dan Australia selatan yang kaya dengan ikan.
- Pertanian Gandum ditanam di daerah Australia selatan, Australia Barat, Victoria sampai ke Queensland yang beriklim subtropis dan sedang.
- Peternakan sapi hampir diusahakan seluruh negeri tetapi paling banyak di negara bagian Queensland yang memiliki padang rumput yang luas. 
- Minyak Bumi banyak ditemukan di Amadeus, Carnarvon, Browse, Bonaparte dan kota-kota lain dengan kapasitas produksi yang lebih kecil.

3. Deskripsikanlah hubungan kondisi alam dengan sebaran penduduk Australia!
Saat ini penduduk Australia mencapai 22 juta jiwa dengan sebagian besar tinggal di daerah perkotaan mencapai 85% dan sebanyak 15% hidup pedesaan. Sydney merupakan kota paling banyak penduduknya yang mencapai 4,3 juta jiwa, selanjut kota yang juga memiliki banyak penduduk adalah : Melbourne, Brisbane, Perth dan Adelaide. Penduduk Australia sebagian besar tinggal di dekat pantai sedangkan bagian dalam benua memiliki sedikit penduduk karena merupakan wilayah gurun yang kering.
Penduduk juga terkonsentrasi di wilayah peternakan dan memiliki padang rumput yang luas seperti New South Wales, Australia Barat, Victoria dan Queensland.

Bentuk Muka Bumi Australia
Di sana ada 4 jenis muka bumi, adalah : Plato, dataran rendah tengah, dataran tinggi timur dan dataran pantai. Lokasi dataran pantai bisa ditemukan di negara bagian Queensland dan Victoria yang menjadi wilayah paling padat penduduknya di Australia.
Sementara lokasi dataran tinggi timur (the great dividing range) berada di wilayah timur Australia dengan bentuk memanjang dari Cape York Peninsula sampai ke daerah Tasmania dengan panjang mencapai 3.500 km. Daerah ini berbentuk lembah-lembah dengan jurang-jurang yang curam tetapi tanah subur.
Dataran rendah tengah memiliki luas 1/4 wilayah Australia dengan tinggi permukaan tanah rata-rata 200 m di atas permukaan laut. Dataran ini sangat kering dan panas seperti gurun yang tersusun dari batuan yang sudah tua.
Plato mencapai 1/3  luas Australia yang tersusun dari batuan beku purba dengan iklim yang kering atau semi kering.

4 comments:

Blog Saya Yang Lain