Friday, July 6, 2018

Letak dan Luas Benua Eropa


Karena sebagian besar penduduknya memiliki bola mata berwarna biru maka benua Eropa mendapatkan julukan benua biru. Secara fisik jika dilihat di peta maka akan terlihat bahwa benua Eropa sebenarnya menjadi satu dengan benua Asia. Kedua benua ini dipisahkan oleh pegunungan Ural. Alasan budaya juga menjadi penyebab pemisahan kedua benua ini. Letak astronomis benua Eropa yaitu 9’ BB s.d. 60’ BT dan 35’ LU s.d. 80’ LU dengan luas mencapai kurang lebih 10.355.000 kilometer persegi. Sedang secara geograis benua eropa di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik, di sebelah timur berbatasan dengan benua Asia, di sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik dan di sebelah selatan berbatasan dengan laut tengah. Secara umum Benua Eropa dibagi menjadu 4 region yaitu : Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Barat dan Eropa Timur. Pembagian ini berdasarkan adanya perbedaan geografis dan kebudayaan. Tetapi sejak diresmikannya Uni Eropa, perbedaan ini sudah mulai memudar.

Aktivitas Kelompok
Nama Negara-negara Eropa

Benua/Region
Negara-negara
Eropa Utara
Ă…land (Finlandia), Britania Raya, Kepulauan Faroe, Denmark, Filandia, Republik Irlandia, Guernsey, Islandia, Pulau Man, Swedia, Kepulauan Svalbard dan Jan Mayen (Norwegia) dan Norwegia
Eropa Timur
Rumania, Albania, Slovenia, Bulgaria, Bosnia-Hezegovina, Serbia, Kroasia, Republik Makedonia, Montenegro, Belarus, Ukraina, Moldova, Lithuania, Estonia, Latvia dan Rusia
Eropa Selatan
Yunani, Andorra, Vatikan, Gibraltar, Spanyol, Italia, San Marino, Malta dan Portugal
Eropa Barat
Swiss, Austria, Belanda, Belgia, Monako, Perancis, Luksemburg, Liechtenstein dan Jerman

Karakteristik budaya wilayah atau region Benua Eropa

Eropa Utara
Secara umum eropa utara terdiri atas negara-negara mempunyai kehidupan ekonomi yang sudah maju dengan kualitas hidup yang terbaik di dunia. Sebagian negara juga memiliki populasi yang kecil dan sebagian besar tinggal di daerah perkotaan. Agama yang banyak dianut penduduk di Eropa Utara adalah Kristen Protestan. Kualitas pendidikan di Eropa Utara juga terbaik di dunia, terbukti dengan Estonia dan Finlandia merupakan negara-negara teratas dalam rangking OECD. Secara umum bahasa yang dipakai di eropa utara adalah bahasa Inggris, tetapi setiap negara juga memiliki bahasanya sendiri misalnya : bahasa Denmark, Islandia, dan lain-lain.

Eropa Timur
Eropa Timur terdiri atas beberapa negara yang secara geografis  terletak pada bagian timur eropa, tetapi juga terdapat pada wilayah Eropa Tengah tetapi dulu merupakan bagian dari Blok Timur dalam perang dingin dan ditambah dengan negara-negara bekas Uni Soviet. Agama yang dianut penduduk Eropa Timur adalah Katolik, Protestan, Gereja Ortodoks dan Islam. Secara ekonomi sebagian besar negara-negara di eropa timur merupakan negara berkembang.  

Eropa Selatan
Eropa Selatan disebut juga Eropa Mediterania. Di eropa Selatan banyak terdapat bahasa yang digunakan penduduknya, misalnya : bahasa Italia, Spanyol, Portugal, Yunani dan lain-lain. Sedangkan agama yang dianut disana yaitu : Katolik Roma, Ortodoks Yunani, Protestan dan Islam. Secara ekonomi eropa selatan merupakan negara-negara yang sudah maju, meskipun sebagian masih masuk kategori negara berkembang.

Eropa Barat
Eropa barat merupakan salah satu region terkaya di dunia dengan perkembangan industri dan PDB tertinggi di Dunia. Agama yang dianut sebagaian besar masyarakat Eropa Barat adalah agama Kristen dan sebagian kecil lainnya adalah agama Islam, Yahudi, Hindu dan lain-lain yang berasal dari imigran Afrika dan Asia. Bahasa yang digunakan meliputi bahasa Inggris, Perancis, Belanda dan Jerman.

Negara-negara Eropa

No.
Nama Negara
Nama Ibukota
Luas Wilayah (km2)
1
Bulgaria
Sofia
110.879
2
Rumania         
Bucharest
238.391
3
Montenegro
Podgorica
13.812
4
Spanyol           
Madrid
505.370
5
Albania
Tirana
28.748
6
Finlandia        
Helsinki
338.145
7
Irlandia           
Dublin
70.273
8
Belgia             
Brussel
30.528
9
Swiss               
Bern
41.277
10
Perancis         
Paris
643.801

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain