Thursday, June 8, 2017

Cara Memperoleh Status Sosial

Setiap orang dihidup di masyarakat memiliki status sosialnya sendiri-sendiri. Status sosial bisa menjadi cerminan bagi seseorang untuk melakukan hak dan kewajibannya dalam masyarakat. Status sosial yang dimiliki seseorang biasanya diistilahkan sebagai kedudukan. Perlu adanya usaha bagi setiap orang untuk mendapatkan kedudukan di dalam masyarakat. Tetapi ada pula kedudukan yang bisa didapatkan dari lahir, biasanya karena ada faktor keturunan. Ada beberapa cara bagi seseorang mendapatkan kedudukannya, yaitu sebagai berikut :

1. Ascribed Status
Pengertian Asribed Status yaitu status yang dimiliki oleh individu yang didapatkan langsung secara otomatis dari sejak dia lahir tanpa melalui usaha untuk mendapatknya. Kecakapan atau keahlian seseorang tidak dibutuhkan dalam sistem seperti ini. Setiap status sosial hanya didapatkan dari garis keturunan dan akan seperti itu dari generasi ke generasi. Sistem status sosial seperti ini hanya terjadi pada masyarakat dengan lapisan sosial yang tertutup, seperti para raja dan kaum bangsawan.
2. Achieved Status
Pengertian Achieved Status yaitu suatu kedudukan individu dalam lingkungan masyarakat yang didapatkan dengan cara-cara yang disengaja atau diusahakan. Dalam cara ini seseorang harus berusaha sendiri untuk mencapai cita-cita dan menduduki status yang pantas untuk dirinya. Misalnya : seorang guru akan mendapat status sosialnya sebagai guru jika sudah menempuh pendidikan guru.
3. Assigned Status
Pengertian Assigned Status yaitu gabungan dari mendapatkan status sosial secara otomatis dengan status sosial dengan usaha. Status ini dierikan masyarakat karena seorang telah melakukan sesuatu yang bermanfaat dan berjasa bagi masyarakat disekitar. Misalnya : seseorang yang membuat saluran air ke desa sehingga desa tidak kekeringan lagi maka dia mendapatkan penghargaan sebagai “pelopor lingkungan hidup” dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain