Tuesday, June 6, 2017

Kelompok Sosial

Dalam kehidupan manusia yang bersifat sosial pasti tidak lepas dengan manusia lainnya. Hubungan sosial tersebut memunculkan sekumpulan manusia-manusia yang tergabung dalam satu kelompok sosial. Jadi bisa disimpulkan pengertian kelompok sosial adalah kesatuan-kesatuan atau himpunan  manusia-manusia yang hidup bersama. Hal ini terjadi karena adanya persamaan tempat tinggal, status sosial, dan lingkungan sehingga memunculkan interaksi secara timbal balik yang akhirnya memunculkan kesadaran untuk saling membantu dan menolong satu dengan lainnya. Kumpulan manusia biasanya terjadi karena adanya :
1. Persamaan Suku bangsa atau etnik
2. Persamaan tujuan
3. Persamaan nasib
4. Persamaan ideologi

Jenis-jenis kelompok sosial
1. Kelompok primer dan kelompok sekunder
Kelompok primer adalah kelompok sosial yang anggotanya sali saling mengenal satu dengan lainnya, mereka melakukan interaksi sosial secara langsung atau tatap muka dan melakukan kerjasama secara erat dan berlangsung dalam waktu yang lama. Sedangkan kelompok sekunder adalah kelompok sosial yang mempunyai banyak anggota tanpa harus memiliki kedekatan khusus secara pribadi dan sifatnya tidak bertahan lama.
2. Paguyuban dan patembayan
Pengertian paguyuban adalah suatu bentuk kelompok sosial yang mempunyai kedekatan batin yang tinggi, kekal dan bersifat ilmiah, contoh dari paguyuban adalah keluarga dengan anggotanya. Sedangkan pengertian Patembayan adalah suatu ikatan yang durasinya jangka pendek dan bersifat kotraktual. Sebagai contoh adalah organisasi, perusahaan dan perjanjiann dagang.
3.  Kelompok formal dan informal
pengertian kelompok formal adalah sebuah kelompok sosial yang memiliki peraturan yang tegas dan bisa mengatur hubungan antar anggota sehingga terjadi kestabilan dalam kelompok. contohnya adalah sekolah atau lembaga pendidikan formal lainnya. Sedangkan pengertian kelompok informal adalah kelompok yang tidak memilki aturan yang tegas dan hanya sekedar tempat sekumpulan orang yang berkumpul dan bertemu secara berkala tanpa komitmen yang jelas. sebagai contoh adalah kelompok belajar siswa.
4. In Group dan out group
Kelompok “In Group” berarti menunjukkan identitas sekelompok orang untuk kelompoknya sendiri sehingga mereka bisa berkata “kita” atau “kami”.  Sedangkan kelompok “Out Group” berarti menunjukkan kelompok di luar kelompok orang yang bersangkutan sehingga akan muncul kata “mereka” untuk menunjuk kelompok tersebut.
5. Membership dan reference
Pengertian kelompok membership adalah kelompok sosial yang anggotanya terdaftar secara fisik di dalam organisasi tersebut. Sedangkan reference yaitu kelompok sosial yang hanya menjadi rujukan bagi seseorang yang bukan anggotanya  untuk membentuk kepribadian bagi orang tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain