Friday, June 2, 2017

Vertebrata

Binatang-binatang yang memiliki tulang belakang diistilahkan sebagai vertebrata. Bisa dipastikan semua hewan vertebrata memiliki rangka dalam atau  endoskeleton.  Jenis binatang vertebrata yaitu : reptil, amfibi, ikan, aves dan mamalia. Pertumbuhan tulang bisa terjadi sejak binatang dilahirkan sampai dan akan berhenti ketika binatang itu dewasa. Salah satu fungsi tulang adalah melindungi bagian-bagian tubuh yang penting seperti otak, jantung, paru-paru dan sebagainya. Hewan vertebrata yang paling kompleks adalah jenis mamalia. Berikut ini adalah penjelasan penjelasan dari beberapa jenis hewan vertebrata, yaitu:
1. Pisces atau ikan
Di dunia ini ada 4 kelas ikan, yaitu : Ikan berparu-paru,  ikan bertulang keras, ikan bertulang rawan dan ikan tanpa rahang. Semua jenis ikan itu termasuk dalam binatang vertebrata dan memiliki rangka dalam. Karena hidup di air ikan bernafas dengan Insan yang berfungsi untuk menyerap oksigen yang terkandung dalam air, tetapi memang ada beberapa ikan yang masih bisa bertahan diluar lingkungan air. Dan ada beberapa ikan juga masuk dalam jenis mamalia karena bernafas dengan paru-paru dan melahirkan anaknya. Seperti ikan paus dan ikan lumba-lumba.
2. Amfibi
Hewan ini biasanya hidup di dua tempat sekaligus yaitu di air dan di darat. Ketika masih kecil biasanya merek hidup di air terlebih dahulu kemudian akan berkembang dewasa dan hidup di darat. Semua hewan amfibi merupakan hewan vertebrata artinya ereka mempunyai rangka dalam. amfibi  termasuk dalam poikolotermik yaitu binatang berd
arah dingin. Ada ciri lain dari hewan amfibi, misalnya hewan katak yang memiliki paru-paru dengan ukuran yang kecil dan bisa bernafas lewat kulit halusnya yang dalam keadaan selalu basah dan lembab.
3. Reptilia
Reptilia juga termasuk hewan vertebrata selain itu reptilia masuk hewan berdarah dingin oleh karena itu mereka tidak bisa memproduksi panas tubuhnya sendiri sehingga harus sering-sering berjemur di dibawah sinar matahari. Kulit reptil biasanya ditutupi dengan sisik kering yang menjaga tubuh mereka dari kehilangan air selama tubuh mereka dijemur. Sisi tersebut juga berfungsi untuk pertahanan diri jika ada bahaya dari luar.
4. Burung atau aves
Hewan vertebrata selanjutnya adalah burung atau aves yang memiliki darah panas atau homoiotermik. Jenis aves hampir bisa dikatakan semua bisa terbang, tetapi ada pula yang tidak bisa terbang seperti burung unta dan burung Kiwi. Burung mempunyai tulang yang khusus dengan karakter yang ringan dan kuat serta mempunyai pori-pori kecil bisa mendukung gerakan burung ketika terbang.
5. Mamalia

Hewan mamalia merupakan vertebrata  yang paling kompleks, mereka memilki bulu di permukaan tubuhnya dan melahirkan anak. Hewan mamalia bisa hidup di darat dan di perairan. Selain itu ciri utamanya adalah hewan betina menyusui  anak-anaknya.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain