Sunday, June 4, 2017

Interaksi sosial

Manusia tidak bisa menjalani hidupnya sendirian. Dia pasti membutuhkan adanya orang lain di sekitarnya. Maka dari itu manusia membutuhkan interaksi sosial satu dengan lainnya. Pengertian interaksi sosial merupakan suatu hubungan timbal balik antara satu orang dengan orang lainnya yang bersifat dinamis. Interaksi sosial bisa menjadi dasar terciptanya dinamika sosial dan pola keteraturan dalam masyarakat. Dari pengertian interaksi sosial Maka bisa di dibagi 3 unsur dalam interaksi sosial yaitu:
1. Harus ada tujuan yang hendak dicapai
2. Terdapat adanya dua orang atau lebih sebagai pelaku
3. Adanya komunikasi dari pelaku-pelaku tersebut dengan bahasa, lambang dan simbol.
Terjadinya interaksi sosial tidak berlangsung secara otomatis. Tetapi ada situasi atau kondisi yang mendorong terjadinya interaksi sosial tersebut, ada 5 hal yang mendorong terjadinya interaksi sosial. Yaitu:
1. Imitasi
Imitasi yaitu kegiatan untuk meniru orang lain. Setiap manusia pasti ada keinginan meniru perilaku orang lain apalagi yang dia sukai atau dia hormati. Imitasi ini bisa berdampak positif maupun negatif. Imitasi yang berdampak positif akan memunculkan manfaat bagi orang yang melakukannya. Misalnya seorang anak meniru gaya berpakaian ayahnya yang rapi maka dia juga akan berpakaian selalu rapi. Sedangkan imitasi yang berdampak buruk atau negatif makan juga mau Munculkan gangguan dalam kehidupan pelakunya. Misalnya: Seorang ayah yang merokok ditiru oleh anaknya yang juga merokok sehingga kesehatan anak tersebut akan terganggu.
2. Sugesti
Pengertian sugesti adalah suatu pandangan, saran, sikap atau pendapat dari seseorang kepada orang lain dan diterima orang tersebut dengan langsung t
anpa adanya kritik. Sugesti bisa muncul karena sedikitnya sikap kritis dan ketertarikan yang instan. Contoh : iklan hP terbaru dengan segala keunggulannya akan mempengaruhi konsumen untuk segera membeli HP tersebut tanpa berpikir panjang dan tidak ada kritik terhadap kegunaan HP tersebut bagi dirinya.
3. Identifikasi
Identifikasi pengertian identifikasi yaitu suatu kecenderungan yang ada dalam diri seseorang agar bisa menjadi sama dengan orang lain karena dia mengidolakan atau menyukai orang tersebut. Contoh: Dia akan cenderung mempunyai perilaku yang sama dengan artis tersebut.
4. Simpati
Pengertian Simpati adalah keadaan yang terjadi pada seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain dan mempunyai perasaan seolah-olah sama yang dialami orang lain tersebut. Misalnya Apabila ada sebagian penduduk mengalami bencana alam maka ada orang yang merasakan hal yang sama meskipun dia tidak mengalaminya sehingga dia membantu korban bencana tersebut.
5. Empati

Pengertian empati adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang yang bisa merasakan, mengenali dan mempersepsikan perasaan orang lain secara umum kemampuan ini terjadi karena adanya respon perasaan yang berujung pada kemampuan mengetahui fikiran dan kondisi emosi orang lain. Misalnya : Seorang teman mampu mengidentifikasi temannya yang lain yang sedang sedih atau tidak bahagia sehingga dia berusaha untuk menghiburnya.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain