Monday, June 12, 2017

Peranan Sosial

Pengertian peranan sosial yaitu perilaku atau tindakan yang diharapkan dari seseorang yang mempunyai status atau kedudukan tertentu di masyarakat. Dalam bermasyarakat setiap orang mempunyai status dan peranan. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan, setiap status yang disandang pasti menimbulkan peranan. Dan peranan tidak bisa dilakukan jika tidak mempunyai status. Contoh seorang anak tidak bisa berperan sebagai pelajar jika status belum sekolah. Jika dia sudah sekolah maka dia harus berperan sebagai pelajar dan berkewajiban melakukan semua kegiatan pembelajaran serta mematuhi peraturan dari sekolahnya.
Bagi seseorang memiliki peranan sosial itu suatu yang sangat penting, hal ini karena peranan yang dia miliki akan memberi aturan berperilaku antara dirinya dengan orang lain. Dalam kehidupan sosial, seseorang bisa memerankan diri pada satu peranan atau bisa lebih dari satu peran. Contohnya : seorang wanita bisa berperan sebagai Ibu, istri sekaligus sebagai wanita karir.

Fungsi Peranan Sosial
  1. Peranan sosial yang dimiliki oleh seseorang berfungsi sebagai penjaga stabilitas struktur masyarakat. Contoh : peranan ibu dan ayah dalam keluarga.
  2. Peranan sosial bisa sebagai tindakan yang tujuannya untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan karena mengalami kesulitan pada situasi tertentu. Peranan ini kadang memerlukan pengorbanan baik materi maupun waktu. Contoh : Perawat, sukarelawan dan pekerja sosial.
  3. Peranan sosial yang dilakukan merupakan cara untuk mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat. Contohnya seorang seniman yang menciptakan karyanya dan kemudian memamerkannya.


No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain