Sunday, June 11, 2017

Potensi dan persebaran mineral logam

A. Logam dasar
1. Timbal
Yaitu sebagai bahan untuk memberi warna dalam produksi keramik. Selain itu juga digunakan untuk pembuatan pipa pvc, penutup kabel listrik, alat pelindung untuk peralatan kedokteran yang memakai radiasi. Dan untuk pembuatan kabel listrik yang punya tegangan tinggi. Timbal banyak ditemukan di daerah Papua, Sulawesi, Sumatera dan Jawa.
2. Timah putih
Biasanya diolah sebagai kerajinan untuk cendramata, kita bisa digunakan sebagai pelapis logam dan timah solder. Logam ini bisa kita temukan di Jambi, Riau, pulau Batam, pulau Bintan, pulau Bangka dan kepulauan Lingga.
3. Tembaga
Secara umum tembaga memiliki kegunaan sebagai bahan baku pembuatan alat-alat listrik, elektronika, alat-alat rumah tangga, pembuatan pelat dan pematrian. Selain itu juga digunakan dalam pembuatan perunggu dan Kuningan sebagai bahan campuran logamnya. Tembaga banyak kita temui di daerah Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Gorontalo, Sumbar, Jawa Barat, Jatim, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.
4. Air raksa
Makan ringan ini biasanya digunakan dalam bidang kedokteran gigi untuk menambal gigi yang lubang. Selain itu juga bisa sebagai bahan dalam membuat termometer dan barometer. Dalam bidang pertanian bisa digunakan sebagai fungisida. Selain itu juga dibuat untuk pengatur tekanan dan juga untuk peralatan listrik. Air raksa bisa kita temukan di daerah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jambi dan Sumatera Barat.
B. Logam Mulia
1. Platinum
Logam ini biasanya digunakan kegiatan industri perhiasan. Platinum bisa kita temukan paling banyak di daerah Riau.
2. Emas
Merupakan logam yang paling banyak masyarakat, biasanya digunakan untuk perhiasan, piala, uang dan Medali. Di Indonesia banyak ditemukan didaerah Papua, Sulawesi, Kalimantan Jawa dan Sumatera.
3. Perak
Sama seperti Mas perak juga digunakan biasanya untuk perhiasan atau uang. Tapi selain itu juga digunakan untuk antibiotik pada sektor kedokteran, kosmetik serta pangan. Perak bisa kita temukan di daerah Sulawesi Utara, Papua, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Aceh.

C. Logam besi
1. Nikel
Loka Mini digunakan dalam proses produksi pembuatan kaja agar baja menjadi tahan karat. Selain itu juga digunakan dalam pembuatan alat-alat rumah tangga yang juga anti karat. Nikel di Indonesia banyak ditemukan didaerah Maluku, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.
2. Besi
Hampir semua peralatan rumah tangga, untuk kontruksi bangunan, otomotif dan lain sebagainya menggunakan besi sebagai bahan dasar. Besi banyak ditemukan di lampung, aceh, NTT, Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan.
3. Mangan
Mangan  biasanya digunakan untuk pembuatan mata bor dan batu baterai. Banget bisa ditemukan di Maluku, Kalimantan Barat Kalimantan Timur, Pulau Timor, yogyakarta dan Jawa Barat.

D. Logam ringan
1. Magnesium
Logam ini sangat berguna pada industri pesawat terbang karena sifatnya yang ringan sehingga memudahkan pesawat untuk terbang. Selain itu juga digunakan untuk industri percetakan dan membuat peralatan yang tahan api. Magnesium bisa ditambang di daerah lampung.
2. Aluminium
Sebagian besar aluminium digunakan untuk peralatan rumah tangga, sebagian yang lain digunakan dalam pembuatan pesawat terbang, kabel dan  kaleng. Aluminium diperoleh dari tambang di Kalimantan Tengah.

E. Logam radioaktif
1. Plutonium
Logam ini digunakan dalam industri reaktor nuklir dan persenjataan.
2. Radium
Logam ini digunakan untuk sumber netron pada kedokteran dan juga digunakan untuk pembuatan cat.
3. Uranium
Uranium digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan energi nuklir.
Ketika logam radioaktif tersebut bisa ditambang di Pulau Papua.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain