Friday, August 19, 2016

ciri yang menempatkan Jepang sebagai negara maju

ciri-ciri Jepang sebagai negara maju!

1) Dilihat dari sektor ekonomi
Jepang merupakan negara yang mempunyai  tingkat perekonomian terbesar ke 3 di dunia  setelah AS dan Cina. Jepang mempunyai Produk Domestik Bruto mencapai $4.901 triliun dan PDB per kapita mencapai $38.731 pada tahun 2006.

2) Sektor Industri
Jepang merupakan pengekpor utama pada sektor Industri yang terdiri atas produk  otomotif transportasi, elektronik rumah tangga, komputer personal, alat semikonduktor, besi serta baja. Selain itu Jepang juga mengekspor produk makanan, galangan kapal, farmasi,  petrokimia, bioindustri dan pesawat terbang. Semua produk itu diekpor kesemua negara di dunia. Dengan teknologi yang modern dan inovatif membuat produk industri Jepang sangat diminati di seluruh Dunia.

3) Dilihat Dari Mutu Penduduk
Pendapatan per kapita peduduk Jepang sangat tinggi yang mencapai  US$ 38.492 per tahun. Selain itu juga mempunyai angka harapan hidup yang panjang, misalnya : untuk wanita mencapai 86 tahun & untuk pria mencapai  79 tahun. Seperti halnya negara maju lainnya, jika dilihat dari angka kelahiran begitu rendah yaitu hanya -0,1 %, hal ini malah menunjukkan jumlah penduduk Jepang semakin turun dari tahun ke tahun. Masyarakan Jepang juga mempunyai karakter : Samurai yaitu : tak kenal menyerah, karakter Keishan yang artinya bekerja keras dan sungguh-sungguh, karakter Kai Zen yang artinya tepat waktu.

4) Sektor pertanian
Jepang hanya menggunakan  12% luas daratannya untuk lahan pertanian, tetapi produksi pertanian tersebut sangat memuaskan dan bisa diekspor ke negara lain. Hal ini dikarenakan Jepang mempunyai tanah yang subur, selain itu pertanian Jepang telah memakai teknologi yang modern dalam mengolah tanahnya. Petani Jepang juga dimanja dengan adanya kebijakan proteksi dari pemerintah serta adanya  subsidi kepada produk pertanian.
Pengolahan tanah menggunakan  mesin-mesin pertanian yang serba otomatis dan pola tanam menggunakan kalkulasi komputer serta waktu tanam menggunakan data satelit untuk memperkirakan cuaca dan musim yang cocok untuk mulai bercocok tanam.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain