Tuesday, August 23, 2016

Indikator Inggris dikelompokkan sebagai negara maju

Indikator Inggris Sebagai negara maju.

1) Indikator penduduk
Berdasarkan data Sensus penduduk tahun  2011 penduduk Inggris mencapai 53.013.000 dengan Kepadatan penduduk mencapai      407/km2. Angka pertumbuhan penduduk Inggris sangat rendah yaitu kurang lebih 0,4% tahun. Seperti negara maju lainnya, penduduk Inggris adalah masyarakat yang makmur dengan Pendapatan per kapita US$der 22.907 pada tahun 2011. Sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor industri dan jasa. Mereka  hidup di kota-kota besar dan hanya sebagian kecil yang hidup di daerah pedesaan.

2) Indikator Ekonomi
Inggris mempunyai sistem ekonomi pasar campuran. Perekonomian sangat berkembang dengan jumlah PDB mencapai  US$ 2.678 triliun pada tahun 2013. Inggris menjadi pusat keuangan dunia dengan mata uang pound sterling. Industri otomotif, farmasi, kimia, kapal dan lain-lain merupakan penopang dan komoditi ekspor utama negara Inggris.

3) Indikator IPTEK
Ilmuwan besar banyak di lahirkan di negeri Inggris, misalnya : Isaac Newton, Robert Hooke, Michael Faraday, Robert Boyle dan lain-lain. Hal ini menunjukkan Inggris sangat maju di bidang Iptek sejak dulu. Revolusi industri juga berawal dari negara Inggris. Penemuan-penemuan besar juga sering dilakukan penduduk Inggris, misalnya : pesawat jet, kereta api, mesin penghisap debu, komputer generasi pertama dan lain-lain.

4) Indikator Kesehatan
Inggris mempunyai sebuah lembaga yang mengatur tentang kesehatan penduduknya, lembaga tesebut bernama National Health Service atau disingkat NHS. Lembaga ini mempunyai tanggungjawab dalam menyediakan layanan kesehatan terbaik bagi penduduk Inggris. NHS mendapat anggaran dari negara yang berasal dari pajak umum, sehingga seluruh layanan NHS gratis bagi seluruh penduduk Inggris.

5) Indikator Pendidikan
Ada universitas terbaik di dunia yaitu : Universitas Cambridge dan  Universitas Oxford. Selain itu Inggris memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal kepada penduduknya dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Program wajib belajar sampai 19 tahun yang tanggung oleh negara. Sebagian besar lulusan sekolah menengah melanjutkan ke pendidikan tinggi. Dan angka melek huruf negara Inggris mencapai 99,9%.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain