Saturday, August 6, 2016

Deskripsikan kondisi fisiografis beberapa pulau lainnya di Indonesia

Keadaan fisiografi sumatra
a) Ada Pegunungan Bukit Barisan disebelah barat Pulau sumatera yang berderet dari utara di Aceh sampai ke selatan di Lampung, bukit barisan mempunyai  panjang mencapai 1650 km. Dalam bukit barisan terdapat  Gunung Kerinci di Provinsi Jambi deengan ketinggian 3.805 m dpl. Bukit Barisan terbentuk karena ada  pertemuan antara lempeng Eurasia dengan Australia.
b) kaki gunung bukit barisan yaitu  timbunan endapan tebal pada cekungan  yang terangkat dengan  tenaga endogen. Pada umumnya  banyak ditemukan minyak bumi diwilayah ini.
c) Ada dataran rendah pada wilayah  timur sumatra, dataran rendah ini terletak disamping bukit barisan yang banyak terdapat rawa.

Fisiografi Pulau Jawa:
a)    bagian selatan,
Merupakan rangkaian plato yang berlereng dengan miring ke arah samudera Hindia. Di  bagian selatan  ini banyak yang sudah  terkikis sehingga bentuk platonya hilang.  Terdapat juga  dataran aluvial di Jawa  tengah.

b)    Bagian tengah,
Di wilayah ini banyak terdapat gunung berapi. Di Jawa Tengah terdapat  pegunungan serayu selatan. Serta di daerah Banten terdapat  bukit & pegunungan.

c)    Bagian utara,

Terdapat bukit-bukit yang rendah dan pegunungan dengan beberapa gunung api yang masih aktif. Dibagian ini juga ada  dataran aluvial.
Fisiografi Pulau Kalimantan
- Sebagian besar wilayah Kalimantan merupakan perbukitan di sana ada lajur Kalimantan Tengah, cekungan kutai yang cukup luas di kalimantan Timur. Ada cekungan kalungau dan cekungan melawi di Kalimantan Barat. Ada daerah dataran tinggi di Kalbar yang merupakan pegunungan schwaner. Ada dataran rendah di wilayah pesisir barat sampai selatan kalimantan, di Kalsel ada cekungan barito yang membentang sampai Kalimantan Tengah.

1 comment:

Blog Saya Yang Lain