Sunday, August 7, 2016

Kebiasaan masyarakat di daerah dengan Suhu udara tinggi dan Suhu udara rendah

Kebiasaan masyarakat pada :
1) Daerah dengan suhu udara tinggi
- Sebagian besar mempunyai pekerjaan sebagai Nelayan dan Petani. Sebagai Nelayan karena memang daerah pantai mempunyai suhu yang tinggi dan selain itu ikan bisa hidup dengan baik pada laut yang hangat. Sebagai petani karena sebagian besar dataran rendah mempunyai lahan sawah yang ditanamai padi yang membutuhkan sinar matahari yang terus-menerus.
- Cara berpakaian cenderung menggunakan pakaian yang berkain tipis karena agar suhu tubuh tetap dingin ditengah terik matahari yang selalu bersinar setiap hari. Selain itu kain yang mudah menyerap keringat menjadi pilihan yang banyak dipakai didaerah pantai atau dataran rendah.
- Bentuk rumah biasanya memiliki banyak jendela dan pintu agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik sehingga suhu ruang tetap sejuk dan tidak panas.
- Secara umum sarana mobilisasi penduduk bis dilakukan di jalan maupun di sungai, hal ini dilakukan karena jalan relatif datar sehingga memudahkan penduduk untuk berpindah secara cepat.
- Pola pemukiman mengikuti alur jalan dan pinggir sungai berderet memanjang, hal ini untuk memudahkan gerak mobilitas dan tempat mencari penghidupan.

2) Daerah dengan suhu udara rendah
- Penduduknya bekerja sebagai petani kebun atau perkebunan, hal dikarenakan banyak tanaman perkebunan yang hanya bisa tumbuh di daerah bersuhu sejuk sampai dingin di pegunungan, misalnya : Apel, Jeruk, Teh, dan anggur. Selain itu mereka juga bertani dengan menanam sayur-sayuran yang bisa tumbuh subur di temperatur yang dingin.
- Mode berpakaian orang yang tinggal di daerah suhu rendah biasanya mengunakan kain atau bahan yang tebal misalnya : jaket dan sweater. Hal ini dilakukan agar suhu tetap hangat ditengah hawa yang dingin.
- Bentuk rumah cenderung tertutup dengan sedikit ventilasi udara, hal ini supaya udara dingin tidak masuk dan dalam rumah tetap hangat, selain itu biasanya di dalam rumah ada perapian.
- Pola pemukiman cenderung menyebar terbagi pada daerah yang datar di beberapa tempat pada bukit yang tinggi. Biasanya mereka mendekati mata air atau sungai yang ada dipegunungan supaya mudah mendapatkan air.
- Mobilitas penduduk sulit dilakukan karena kondisi alam yang berlereng-lereng dan kemiringan bikit yang tajam sehingga alat-alat transportasi umum sulit melaluinya.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain