Saturday, August 20, 2016

Gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang berdasarkan kenampakan yang ada pada peta

Pada peta tersebut terdapat warna hijau yang sama dengan gambaran wilayah dengan dataran rendah, Negara Jepang mempunyai dataran rendah pada wilayah tepi pulau saja atau pesisir, sedangkan pada wilayah yang agak ke tengah pulah berwarna kuning sampai ke coklat yang menunjukkan perbukitan dan dataran tinggi. Semakin ke tengah pulau-pulau di Jepang warna peta semakin akin cokelat yang menunjukkan banyaknya gunung berapi yang tinggi. Hal ini disebabkan Jepang merupakan daerah tempat bertemunya lempeng Asia & Lempeng pasifik.
Kedua lempeng tersebut saling menekan berlawanan arah sehingga memunculkan kepulauan Jepang. Hal itu juga menyebabkan di Jepang sering terjadi gunung meletus dan gempa bumi yang bisa menjadi bencana. Di Jepang terdapat kurang lebih 192 gunung api aktif dengan gunung tertinggi yaitu Gunung Fuji dengan ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut.
Dengan luas wilayah yang ada dan indutrialisasi yang tinggi, tidak menyebabkan hutan di Jepang menjadi habis, tetapi ternyata masih ada 67% dari luas wilayah Jepang yang masih hutan.
Dari peta Jepang di atas, juga bisa dilihat bahwa Jepang merupakan negara kepulauan yang memiliki kurang lebih  6.852 pulau. Pulau-pulau besar yang membentang  dari penjuru utara sampai selatan yaitu : pulau Hokkaido, kemudian pulau Honshu yang merupakan pulau paling besar, pulau Shikoku, & pulau Kyushu. Daratan Jepang berada sekitar 97% wilayah pulau-pulau besar tersebut.

12 comments:

Blog Saya Yang Lain