Saturday, August 6, 2016

Informasi tentang beberapa provinsi tentang wujud budaya, nama budaya dan deskripsinya

1. Provinsi  Jawa Timur yang berwujud tarian bernama Reog Ponorogo. Tari ini terdiri atas dadak merak berupa topeng berbentuk kepala harimau dengan bulu burung merak dan diiringi warok .Reog dipentaskan untuk berbagai acara, misalnya pernikahan & hari besar Nasional.

2. Provinsi Aceh yang berwujud tarian yang mempunyai nama Tari Saman, tarian yang dimainkan belasan orang dengan jumlah ganjil. Gerakannya memadukan tepuk tangan & tepuk dada. Pemanfaatan tarian ini untuk perayaan adat dan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

3. Provinsi Jakarta berupa teater tradisional yang bernama lenong. Sandiwara  Betawi yang dimainkan dengan bahasa Betawi khas ibukota Jakarta, biasanya pementasan lenong diiringi alunan musik gambang kromong. Kesenian ini biasanya digunakan untuk menghibur ketika ada hajatan dan peringatan hari-hari besar.

4. Provinsi Jawa Barat berwujub budaya sandiwara tradisional dengan boneka kayu yang bernama wayang golek, kesenian ini dimainkan dengan boneka kayu oleh dalang yang menceritakan cerita rakyat. Selain untuk pertunjukkan wayang juga berfungsi untuk ngaruat, yaitu membersihkan diri dari marabahaya.

5. Provinsi Bali yang mempunyai wujud budaya tarian yaitu tari kecak. Tarian ini dimainkan oleh banyak orang dengan posisi melingkar yang menceritakan cerita Ramayana. Fungsi dari tari ini biasanya digunakan untuk hiburan dan melestarikan kisah-kisah Ramayana.


6. Provinsi Sumatera Barat terdapat wujud budaya tarian bernama tari piring. Setiap penari meletakkan 2 piring di kedua telapak tangannya yang selanjutnya mereka mengayun-ayunkan piring tersebut dengan gerakan-gerakan yang semakin cepat. Tari ini berfungsi untuk hiburan dan kegiatan hari-hari besar. 

1 comment:

Blog Saya Yang Lain