Friday, August 12, 2016

Informasi tentang negara maju berdasarkan ciri atau indikator kependudukan, ekonomi, sosial dan budaya


ciri atau indikator negara maju pada sektor kependudukan, ekonomi, sosial, budaya
1. Jepang
a) Ciri Kependudukan
Jumlah penduduk Jepang sebanyak 127.614.000 orang pada 2009. Suku bangsa Asli Jepang adalah Suku Yamato dan 2 suku minoritas yaitu  suku Ainu & Ryukyu. Tingkat harapan hidup di Negara Jepang mencapai 81,25 tahun dan 19,5% dari jumlah penduduk Jepang berumur lebih dari  65 tahun.
b) Ciri Ekonomi
Jepang adalah negara industri, jumlah ekspor sebagian besar dari hasil produksi barang-barang elektronik dan alat transportasi, misalnya : mobil. Jepang merupakan salah satu negara dengan ekonomi tertinggi di dunia.
c) Ciri sosial
Penduduk negara Jepang berkerja di bidang industri, perdagangan dan jasa, sedikit di antara mereka yang berkerja di bidang industri. Selain itu, 91% penduduk Jepang tinggal di daerah perkotaan dan sisanya tinggal di desa dan bekerja pada bidang pertanian.
d) Ciri Budaya
Jepang mempunyai busana tradisional yang disebut kimono, di Jepang juga ada Upacara minum teh yang disebut  Chadō atau Sadō. Selain itu juga ada seni merangkai bunga yang disebut Ikebana.
2. Amerika Serikat
a) Ciri Kependudukan
Data tahun 2013, jumlah penduduk AS kurang lebih 316.200.000 orang. Suku Indian merupakan penduduk asli AS. Setelah bangsa Eropa bermigrasi pada  abad ke-17 menyebabkan  suku Indian  menjadi terpinggirkan. Saat ini mayoritas penduduk AS adalah keturunan Eropa yang mencapai 69 % dari semua penduduk Amerika.
b) Ciri Ekonomi
AS merupakan negara maju yang banyak menghasilkan produksi dengan teknologi modern. Selain itu Amerika Serikat juga memiliki lahan pertanian dan bahan tambang yang cukup melimpah.
c) Ciri Sosial
Sebagian besar penduduk Amerika Serikat tinggal di daerah perkotaan. Sebagian mereka bekerja pada bidang manajerial, profesional dan teknik. Seperti negara maju lainnya, penduduk Amerika Serikat mempunyai pendapatan yang tinggi.
d) Ciri Budaya
Amerika Serikat adalah negara yang bisa menciptakan bentuk budaya modern yang bisa dinikmati di seluruh dunia, contohnya : musik, film, tarian, dll. Selain itu karena datangnya banyak imigran dari berbagai negara lain membuat budaya Amerikan berkembang secara multikultural.


3. Britania Raya (Inggris)
a) Ciri Kependudukan
Jumlah penduduk Britania Raya mencapai 64.100.000 orang pada tahun 2013. Sebagian besar merupakan etnis  kulit putih Britania dan yang lainnya adalah pendatang dari Asia maupun Afrika.
b) Ciri Ekonomi
Britania Raya menganut sistem ekonomi pasar dan termasuk negara yang mempunyai kualitas ekonomi nomor enam terbaik di dunia. Mata pound sterling juga sering dipakai untuk perdagangan dunia. Sektor industri terbesar adalah industri manufaktur, misalnya industri otomotif dan pembuatan kapal.
c) Ciri Sosial
Sebagian besar penduduk Britania Raya tinggal di perkotaan, misalnya : London, Manchester dan Liverpool. Mereka juga kebanyakan bekerja di sektor industri dengan kesejahteraan yang tinggi.
d) Ciri Budaya
Britania Raya merupakan penghasil budaya yang banyak diterapkan diberbagai negara, misalnya: dalam bidang hukum, pemerintahan, sastra, musik, dll. Dalam konstek saat ini kita bisa melihat budaya Britania Raya, misalnya dalam musik : ada The Beatles, Spice Girls, dll, dalam bidang sastra misalnya : William Shakespeare dan J. K. Rowling.

4. Jerman
a) Ciri Kependudukan
Jerman memiliki penduduk kurang lebih 81.700.000 orang pada tahun 2009. Jumlah penduduk jerman  nomor 15 terbesar di dunia. Jerman mengalami pengurangan jumlah penduduk secara lambat, hal ini dikarenakan Keengganan penduduk  Jerman untuk mempunyai anak.
b) Ciri Ekonomi
Jerman menganut sistem ekonomi pasar dengan pendapatan nasional terbesar nomor lima di dunia. Ekonomi Jerman memiliki jumlah investasi yang besar dengan tenaga kerja yang sangat berkualitas, dan inovasi teknologi yang modern.
c) Ciri Sosial
Sama seperti negara maju lainnya, penduduk Jerman kebanyakan tinggal diperkotaan, dengan pelayanan sosial yang baik oleh negara. Pendapatan per kapita penduduk Jerman yang tinggi menyebabkan tingkat kemakmuran juga tinggi.
d) Ciri Budaya
Jerman banyak menghasilkan pencipta karya-karya musik klasik misalnya : Beethoven, Bach, Mozart, dan Strauss. Selain itu ada banyak lembaga budaya di jerman. Misalnya : Ada 240 teater, ratusan kumpulan simfoni orkestra, ribuan gedung museum dan ada 25.000 perpustakaan.

7 comments:

Blog Saya Yang Lain