Sunday, August 7, 2016

Keadaan perekonomian masyarakat, Penguasaan iptek dan Kondisi pendidikan Indonesia

Indikator
1. Keadaan perekonomian masyarakat Indonesia
a) Deskripsi
- Keadaan perekonomian Indonesia masih memprihatinkan dengan angka kemiskinan mencapai 28.590.000 orang atau 11,22 % dari seluruh penduduk Indonesia. Hal ini menyebabkan kesenjangan sosial antara antara yang kaya dan yang miskin, selain itu juga adanya rendahnya daya beli.
- Selain itu ada pengangguran yang cukup signifikan mencapai jumlah 7.560.000 orang. Hal ini dikarenakan kurangnya lapangan kerja yang tersedia.
- Angka inflasi yang masih rata-rata 5% tahun menyebabkan harga barang kebutuhan pokok terus naik dan sulit dibeli oleh penduduk.
b) Upaya perbaikan
- Menekan angka kemiskinan dengan memberikan modal kepada rakyat untuk bisa berusaha secara mandiri, misalnya memberikan kredit usaha tani untuk petani dan nelayan, kredit usaha rakyat untuk pengusaha kecil menengah.
- Peningkatan investasi baik dari dalam maupun luar negeri untuk menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa mengurangi pengangguran di masyarakat.
- Pemerintah harus menyediakan barang kebutuhan pokok dalam jumlah yang banyak dan memadai sehingga tidak terjadi kekurangan kebutuhan pokok, selain itu perlu ada subsidi agar harga kebutuhan pokok tidak naik dan bisa dijangkau oleh masyarakat.

2. Penguasaan Iptek
a) Deskripsi
- Masih rendahnya inovasi teknologi yang ada, Indonesia masih sangat tergantung produk teknologi dari negara lain, misalnya : Jepang, Korea, USA dan Uni Eropa.
- Jumlah penelitian yang masih sedikit, hal ini dikarenakan rendahnya hasil penelitian dari universitas-universitas yang ada di Indonesia, selain itu masih rendahnya anggaran penelitian dari pemerintah.
- Masih rendahnya lulusan perguruan tinggi, karena biaya kuliah yang sangat tinggi sehingga masyarakat biasa sulit melanjutkan pendidikannya.
b) Upaya perbaikan
- Perlu ada dorongan dari pemerintah dalam melakukan inovasi teknologi dengan mengadakan penelitian dengan bantuan anggaran dari pemerintah. Selain itu perlu kerjasama dengan negara yang sudah maju teknologinya agar terjadi alih teknologi yang bisa diserap oleh putra Indonesia.
- Adanya beasiswa bagi calon mahasiswa yang kurang mampu sehingga mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

3) Kondisi pendidikan
a) Deskripsi
- Masih banyaknya penduduk yang hanya lulus pendidikan dasar atau SD, hal ini disebabkan rendahnya kemampuan ekonomi penduduk tersebut.
- Masih kurangnya jumlah sekolah didaerah-daerah terpencil karena masih belum tersentuh pembangunan.
- Banyaknya lulusan sekolah yang masih belum memiliki keterampilan hidup sehingga sulit terserap lapangan kerja.
- Kurangnya jumlah tenaga pendidikan dan guru di daerah-daerah terpencil dan daerah terluar negara Indonesia.
b) Upaya perbaikan
- Perlu pembangunan gedung-gedung sekolah baru di seluruh Indonesia dari sekolah dasar sampai pada perguruan agar setiap warga negara mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.
- Perlu dibangun Balai Latihan Kerja (BLK) yang bisa membina pemuda-pemuda untuk memperoleh keterampilan agar mereka bisa segera memperoleh pekerjaan.

- Dibuat program GDD atau Guru Garis Depan dimana guru-guru baru ditempatkan di daerah-daerah terpencil diseluruh Indonesia agar sekolah-sekolah bisa mendapatkan guru-guru yang berkualitas. 

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain