Thursday, August 25, 2016

Indikator Jerman dikelompokkan sebagai negara maju

Indikator Jerman Sebagai Negara Maju

1) Indikator Penduduk
Jerman mempunyai jumlah penduduk mencapai 80.600.000 pada tahun 2013. Setiap tahun penduduk Jerman hanya tumbuh sebanyak 0,2%. Pertumbuhan tersebut sangat rendah seperti nagara-negara maju lainnya. Dengan kesejahteraan yang tinggi menyebabkaan angka harapan hidup di Jerman juga tinggi, yaitu untuk laki-laki mencapai 77 tahun dan perempuan 82 tahun. Penduduk Jerman sebagian besar hidup diperkotaan yang mencapai 89% dari seluruh jumlah penduduk. Selain itu pendapat per kapita juga sangat tinggi yaitu sejumlah US$43.741 per tahun.

2) Indikator Industri
Dalam bidang industri, Jerman merupakan negara yang sangat maju dan modern indutrinya, industri yang paling banyak bergerak pada produksi peralatan listrik, mesin, mobil, dan kimia. Hasil indutri tersebut diekspor keseluruh negara.  Mobil yang paling terkenal produksi Jerman adalah Volkswagen, BMW, Daimler, Opel, Audi dan Mercedes.

3) Indikator Pendidikan
Pendidikan di Jerman sudah sangat maju, ada beberapa universitas terkenal yang ada di sana, misalnya : Universitas Leipzig, Universitas Heidelberg dan Universitas Freiburg. Selain itu jumlah melek hurufnya mencapai 99% dari seluruh jumlah penduduk. Pendidikan di Jerman dimulai dari taman kanak-kanak, kemudian diikuti dengan wajib belajar selama 9 tahun, setelah itu siswa akan mendapatkan pendidikan disekolah menengah dengan sistem ujian yang berkelanjutan untuk menentukan siswa yang akan masuk ke univertas atau ke kejuruan. Sistem pendidikan Jerman ini banyak diterapkan diberbagai negara di dunia.

4) Indikator ekonomi
Jerman menggunakan sistem ekonomi pasar sosial. Gambaran ekonomi Jerman sangat ditopang oleh mutu sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan rendahnya tingkat korupsi. PDB Jerman merupakan terbesar ke-4 di dunia dengan jumlah US$3.815 triliun. Sebagian besar perekonomian ditopang oleh sektor Jasa & Sektor industri.

5) Indikator Iptek
Banyak penemuan yang ditemukan di Jerman, misalnya : mesin cetak, mobil, elektronik, komputer dan alat-alat telekomunikasi. Semua itu sekarang telah menjadi produk-produk Jerman yang kualitas tinggi yang bisa diekspor ke seluruh penjuruh dunia.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain