Friday, August 5, 2016

Dampak yang ditimbulkan akibat sebaran penduduk Indonesia yang tidak merata

1. Persebaran penduduk Indonesia tidak merata disebabkan :
a. Sejarah dari perkembangan daerah-daerah pesisir dan pelabuhan yang ramai ketika jaman Hindu-Budha, Islam dan masa kolonial Belanda sehingga memunculkan kota-kota yang berkembang pesat dengan jumlah penduduk yang besar, misalnya : Batavia, Surabaya, Aceh, Semarang, dll. Kota-kota tersebut sampai sekarang menjadi kota yang mempunya penduduk yang berjumlah banyak sedangkan daerah lain hanya mempunyai penduduk yang sedikit.
b. Adanya perbedaan kesuburan tanah, contohnya : pulau Jawa yang sebagian besar mempunyai tanah yang subur, sehingga menarik perhatian penduduk untuk pindah ke sana dan pulau Jawa, sampai sekarang Pulau Jawa menjadi pulau terpadat di Indonesia.
c. Perkembangan peradapan kerajaan-kerajaan Nusantara, Misalnya Majapahit, Sriwijaya, Pajajaran, Demak, Samudera Pasai dan lain-lain, menyebabkan banyaknya konsentrasi perkembangan penduduk pada beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan sampai sekarang kerajaan-kerajaan itu menjadi beberapa kota besar, misalnya Sriwijaya menjadi Palembang, Majapahit menjadi Mojokerto, Pajajaran menjadi Jawa Barat. Dll
d. Perbedaan hasil pembangunan dan investasi, daerah perkotaan yang mengalami pembangunan dan investasi yang tinggi menjadi daya tarik penduduk untuk pindah untuk mencari pekerjaan. Mobilisasi ini menyebabkan jumlah penduduk perkotaan menjadi sangat padat sedangkan di daerah pedesaan menjadi sangat sedikit.

2. Dampak yang ditimbulkan karena sebaran penduduk Indonesia tidak merata.
a. Terjadinya kesenjangan sosial ekonomi, dimana beberapa daerah mempunyai pendapatan yang tinggi sedangkan daerah yang lain mempunyai pendapatan yang rendah.
b. Munculnya penggangguran di daerah perkotaan sedangkan daerah pedesaan kekurangan tenaga kerja.
c. Tidak meratanya pembangunan, beberapa daerah mengalami pembangunan yang pesat sedangkan ada daerah yang terhambat pembangunannya karena kekurangan penduduk dan tenaga kerja.

3. Cara supaya penduduk Indonesia menjadi merata pada masa yang akan datang.
a. Melaksanakan program transmigrasi untuk memindahkan sebagian penduduk ke beberapa pulau yang mempunyai penduduk sedikit.
b.  Pemerataan investasi sehingga memunculkan industri-industri baru yang menyerap tenaga kerja di berbagai daerah.

c. Pemerataan pembangunan, misalnya : pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan di daerah-daerah sehingga bisa meningkatkan taraf sosial ekonomi di daerah-daerah yang masih tertinggal. 

6 comments:

  1. Terima kasih.. Karena adanya artikel ini bisa bntu adek gue menyelesaikan tugas IPS nya dri sekolah

    ReplyDelete
  2. Terima kasih... jawabannya sangat membantu :) :D

    ReplyDelete
  3. Hatur nuhun jawabanya bagus di sekolah dapat nilai seratus...

    ReplyDelete
  4. Thank you sir/miss.jawabanya sangat membantu I mengejakan pr

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain