Sunday, August 28, 2016

Potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju

a) Potensi Hutan
Hutan Indonesia merupakan terluas ke-3 di dunia. Hutan sangat penting dalam pembangunan Indonesia, hasil hutan seperti : kayu, rotan dan lainnya, merupakan sumber devisa yang besar bagi Indonesia. Devisa tersebut bisa dijadikan modal dalam pembangunan untuk menjadi negara maju. Selain itu hutan juga menghasilkan bahan baku indutri obat-obatan yang bisa menjadi bahan produksi yang punya nilai ekonomi dan bisa menjadi bahan penelitian untuk menambah kekayaan intelektual seperti di negara maju lainnya.

b) Potensi Minyak Bumi
Meskipun Indonesia tidak lagi negara pengekspor minyak, tetapi Indonesia masih mempunyai cadangan minyak yang bisa digunakan di dalam negeri. Minyak bumi yang mendukung pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju, hal ini karena minyak bumi sangat dibutuhkan pada bidang industri dan transportasi, di mana dua bidang ini bisa mempercepat tahapan suatu negara menjadi negara maju.

c) Potensi Batu Bara
Peran energi batu bara pada bidang industri begitu besar, terutama indutri manukfaktur yang mendukung pembangunan, selain itu batu bara juga digunakan untuk menghasilkan listrik untuk kebutuhan masyarakat. Negara-negara maju mempunyai kebutuhan energi yang besar, jadi Indonesia tidak perlu khawatir kekurangan energi karena mempunyai cadangan batubara yang sangat besar.

d) Potensi Gas Alam
Indonesia termasuk pengekspor gasa alam terbesar di dunia, potensi ini menghasilkan pendapatan nasional yang besar bagi Indonesia. Pendapatan ini bisa menjadi biaya pembangunan Indonesia, dari pembangunan itu bisa mensejahterakan rakyak indonesia dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

e) Potensi Sumber Daya Laut
Sebagai negara maritim, membuat bangsa Indonesia mempunyai potensi sumber daya laut yang besar. Hasil laut merupakan sumber gizi yang bisa meningkatkan kesehatan penduduk. Kesehatan yang baik merupakan salah satu indikator negara dikatakan sudah maju. Selain itu hasil laut juga bisa di ekspor keluar negeri untuk meningkatkan devisa negara sebagai modal dalam pembangunan nasional.

3 comments:

  1. trimakasih
    saat pelajarn ips datang ,akhirnya aku dapat membka web ini dengan sanggaaaat ceria,karena aku menemukan jawaban yg selama ini aku cari.terimakasih.saranghyeoo

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain